Abstract:
Perkembangan digital bisnis yang semakin berkembang dan Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perusahaan yang telah bertranformasi ke digital bisnis seperti Perusahaan IND ONDERDIL yang sudah bertransformasi ke digital bisnis dengan memanfaatkan platform e-commerce sebagai saluran penjualan. Dalam menjalankan bisnis melalui e-commerce IND ONDERDIL menggunakan aplikasi omnichannel Jubelio. Dalam aktivitas bisnis IND ONDERDIL saat ini terdapat pembatalan pesanan yang dilakukan oleh IND ONDERDIL dan membutuhkan kecepatan waktu dalam memproses setiap pesanan. Maka dari itu IND ONDERDIL menggunakan Warehouse management system yang terdapat pada aplikasi Jubelio diharapkan dapat meningkatkan ketepatan jumlah barang dan waktu dalam memproses setiap pesanan. Penelitian ini memfokuskan pada efektivitas dari penggunaan warehouse management system terhadap waktu dalam memproses setiap pesanan dan ketepatan jumlah barang yang terdapat pada penyimpanan. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Operasionalisasi variable efektivitas memiliki 2 kriteria yaitu efektivitas ketepatan waktu proses dan efektivitas ketepatan jumlah barang.
Dalam penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan warehouse management system dalam efektivitas waktu proses setiap pesanan dan ketepatan jumlah barang di IND ONDERDIL sudah efektif dan ideal. Untuk meningkatkan ketepatan jumlah barang perlu melakukan stok opname secara rutin dan melakukan pelatihan SDM untuk meningkatkan waktu proses IND ONDERDIL sehingga meningkatkan performa perusahaan.