Abstract:
Transisi gaya belanja masyarakat dari belanja secara konvensional ke belanja online terus meningkatkan popularitas belanja online dari tahun ke tahun, termasuk pada marketplace Shopee Indonesia. Meski para penjual online telah menyediakan gambaran atau deskripsi mengenai produk yang dijualnya, mempertimbangkan online consumer review yang dibuat konsumen lain mengenai produk menjadi fenomena unik yang dilakukan calon konsumen
untuk memahami dan mengevaluasi produk sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap keputusan pembelian kategori produk perawatan dan kecantikan, pakaian, dan kesehatan di Shopee. Online consumer review dilihat dari 6 dimensi, yaitu kredibilitas sumber, kualitas ulasan, kuantitas ulasan, valensi ulasan, ketepatan waktu ulasan, dan manfaat yang dirasakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Kuesioner online disebarkan pada pengguna yang pernah membaca ulasan kategori produk perawatan dan kecantikan, pakaian, dan kesehatan di marketplace Shopee Indonesia. Data dari 122 pengguna
dianalisis dengan analisis regresi linear berganda menggunakan program IBM SPSS Statistics 26. Penelitian ini menunjukkan bahwa online consumer review pada kategori produk perawatan dan kecantikan serta pakaian memberikan pengaruh sedang terhadap keputusan pembelian, sedangkan pada kategori produk kesehatan memberikan pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian. Pada kategori produk perawatan dan kecantikan, dimensi yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian adalah kredibilitas
sumber, ketepatan waktu ulasan, dan manfaat yang dirasakan. Pada kategori produk pakaian, dimensi yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian adalah valensi ulasan dan ketepatan waktu ulasan. Pada kategori produk kesehatan, dimensi yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian adalah valensi ulasan,
ketepatan waktu ulasan, dan manfaat yang dirasakan. Dengan memahami peran dari online consumer review terhadap keputusan pembelian, marketplace Shopee dan para penjual di dalamnya yang menjual kategori produk yang diteliti dapat mempertimbangkan online consumer review sebagai strategi pemasaran yang efektif dan efisien dalam menciptakan penjualan yang lebih optimal.