Abstract:
Dengan adanya pandemi covid19 tentunya membawa dampak bagi berbagai
sektor perekonomian di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan waktu,
masyarakat sudah mulai beradaptasi sehingga perekonomian di Indonesia mulai kembali pulih, termasuk juga pada sektor industri makanan dan minuman. Sektor industri makanan dan minuman tiap tahunnya mengalami kenaikan, sehingga dengan ini para pelaku bisnis perlu untuk memikirkan berbagai macam strategi untuk dapat mempertahankan dan juga mengembangkan bisnisnya diantara banyak pesaing dalam industri ini. Salah satu usaha yang sedang berjuang dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya adalah cafe Coffee and Beyond di kota Pekalongan. Dalam usaha untuk mempertahankan usahanya, Coffee and Beyond berupaya dengan menyediakan suasana toko yang nyaman dan juga memberikan penawaran harga yang cukup baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere (X1) dan price fairness (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di Coffee and Beyond. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dalam proses pengolahan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang disebarkan kepada 185 responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian di cafe Coffee and Beyond dengan total 28 pernyataan yang diajukan. Kemudian setelah data terkumpul, data diolah menggunakan software IBM SPSS statistics 26 sebagai alat bantu dalam proses pengolahan data. Berdasar dari hasil pengujian, ditemukan hasil bahwa variable store
atmosphere dan price fairness memiliki pengaruh positif baik itu secara simultan ataupun parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan pada cafe Coffee and Beyond di kota Pekalongan. Rekomendasi dari penulis walaupun terbukti bahwa store atmosphere dan price fairness memiliki pengaruh positif bagi kepuasan pelanggan di cafe Coffee and Beyond, pemilik usaha tersebut tetap perlu untuk mempertahankan kualitas yang dimiliki supaya cafe tersebut tetap dapat bersaing di masyarakat.