Abstract:
Persaingan yang semakin ketat yang disebabkan oleh perkembangan teknologi, munculnya kompetitor dari berbagai industri, dan perubahan perilaku konsumen mempengaruhi strategi perusahaan. Beberapa perusahaan melakukan transformasi digital untuk menjaga kinerja perusahaan, seperti menciptakan produk dan layanan digital serta mengembangkan platform kerja perusahaan. Pandemi Covid -19 mempercepat transformasi dan dampak digital mengubah kondisi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi digital bank OCBC NISP melalui lensa Ismail et al. (2017), yang terdiri dari teknologi, lingkungan operasi, nasabah, kompetisi, dan startup. Lingkungan eksternal perusahaan dari teori Michael Porter menerapkan dua teknik yang digunakan untuk memeriksa lingkungan bisnis: PESTLE (faktor politik, ekonomi, sosial, teknologi, hukum, dan lingkungan) dan Faktor Lima Kekuatan Porter (terdiri dari pesaing industri, pendatang baru, pengganti, pembeli, dan pemasok). Metode penelitian kualitatif ini mengumpulkan data sekunder melalui gambaran mendalam tentang objek penelitian, situs resmi perusahaan, berbagai artikel, jurnal, dan situs web pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan baru di perbankan pada tingkat yang moderat, yang artinya perseroan dapat mengelola permasalahan keuangan yang dipicu oleh kebijakan politik dan menurunnya pertumbuhan ekonomi. Selain itu, analisis Porter’s Five Forces, substitusi, pembeli, dan pemasok sangat mempengaruhi transformasi digital Bank OCBC NISP. Dengan banyaknya produk pengganti, nasabah memiliki banyak pilihan untuk mengganti produk dan layanan perbankan dengan produk pengganti yang mengharuskan bank untuk
menciptakan produk dan layanan unggulan bagi nasabah. Namun, pengaruhnya relatif rendah bagi pendatang baru dan pesaing industri dari modal yang signifikan, peraturan pemerintah tentang perbankan yang kompleks, dan keberhasilan Bank OCBC NISP dalam memberikan diferensiasi
produk dan layanan digitalnya.