Analisis strategi pada PT. NET Mediatama dari perspektif Blue Ocean Strategy

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Ismail, Muhammad Luthfi
dc.date.accessioned 2023-09-14T03:02:46Z
dc.date.available 2023-09-14T03:02:46Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43644
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15950
dc.description 10196 - FISIP en_US
dc.description.abstract PT. Net Mediatama atau sering dikenal sebagai Net TV merupakan stasiun televisi swasta yang pertama kali mengudara pada tahun 2013 sebagai saluran TV nasional yang memberikan salah satu alternatif tontonan hiburan layar kaca. Adanya perubahan di industri pertelevisian nasional menjadi saluran televisi digital membuat stasiun televisi nasional akan bergerak dari pasar yang masih biru, menjadi pasar yang merah dan pekat (red ocean). Maka dari itu, dibutuhkannya strategi blue ocean bagi NET TV untuk tetap dapat menciptakan pasarnya sendiri. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus dan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah teknik wawancara, studi dokumen dan juga observasi. Proses penyusunan stategi blue ocean untuk NET TV diawali dengan proses analisis strategi NET TV dengan menggunakan alat analisis yaitu kanvas strategi dari strategi blue ocean, kemudian melakukan rekonstruksi batasan-batasan pasar, pemetaan kanvas strategi, perumusan kerangka kerja empat langkah, menganalisis skema Hapuskan, Kurangi, Tingkatkan dan Ciptakan, dan menganalisis tiga tingkatan non-konsumen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa industri pertelevisian nasional berpotensi menjadi samudra merah karena tingginya persaingan dalam memperebutkan penonton dan sponsorship. Adapun saran yang diberikan yaitu Net TV melakukan inovasi program baru dan melakukan kolaborasi dengan perusahaan yang bertujuan untuk menekan struktur biaya pada perusahaan serta mampu memberikan tayangan berbeda dengan pesaing. Apabila NET. TV tidak melakukan inovasi dan penciptaan nilai bagi penonton, maka NET. TV akan berada di samudra merah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject divergence en_US
dc.subject blue ocean strategy en_US
dc.subject INOVASI NILAI en_US
dc.subject strategi kanvas en_US
dc.subject rekonstruksi batasan pasar en_US
dc.title Analisis strategi pada PT. NET Mediatama dari perspektif Blue Ocean Strategy en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801095
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410087801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account