dc.description.abstract |
PT. Net Mediatama atau sering dikenal sebagai Net TV merupakan stasiun
televisi swasta yang pertama kali mengudara pada tahun 2013 sebagai saluran TV nasional yang memberikan salah satu alternatif tontonan hiburan layar kaca. Adanya perubahan di industri pertelevisian nasional menjadi saluran televisi digital membuat stasiun televisi nasional akan bergerak dari pasar yang masih biru, menjadi pasar yang merah dan pekat (red ocean). Maka dari itu, dibutuhkannya strategi blue ocean bagi NET TV untuk tetap dapat menciptakan pasarnya sendiri. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus dan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah teknik wawancara, studi dokumen dan juga observasi. Proses penyusunan stategi blue ocean untuk NET TV diawali dengan proses analisis strategi NET TV dengan menggunakan alat analisis yaitu kanvas strategi dari strategi blue ocean, kemudian melakukan rekonstruksi batasan-batasan pasar, pemetaan kanvas strategi, perumusan kerangka kerja empat langkah, menganalisis skema Hapuskan, Kurangi, Tingkatkan dan Ciptakan, dan menganalisis tiga tingkatan non-konsumen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa industri pertelevisian nasional berpotensi menjadi samudra merah karena tingginya persaingan dalam memperebutkan penonton dan sponsorship. Adapun saran yang diberikan yaitu Net TV melakukan inovasi program baru dan melakukan kolaborasi dengan perusahaan yang bertujuan untuk menekan struktur biaya pada perusahaan serta mampu memberikan tayangan berbeda dengan pesaing. Apabila NET. TV tidak melakukan inovasi dan penciptaan nilai bagi penonton, maka NET. TV akan berada di samudra merah. |
en_US |