Abstract:
Industri budidaya perikanan salah satu sector yang bisa diharapkan dengan terus menerus peningkatan setiap tahunnya. Dalam industri ini, merupakan salah satu faktor penting yaitu konsumen atau pelanggan untuk diperhatikan. Namun, eFishery sendiri belum memiliki strategi atau fokus terhadap pelangggannya. Dengan sistem informasi yang diberikan ini, diharapkan dapat membantu untuk pengelolaan dan pemenuhan kebutuhan
pelanggan mereka. Dalam jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitis. Untuk mengidentifikasi masalah, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Revenue Cycle untuk menguraikan masalah dan mencari akar permasalahan. Sementara untuk menganalisis factor internal perusahaan menggunakan
analisis Business Process Model Notation (BPMN) untuk menggambarkan proses bisnis di perusahaan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah sistem Customer Relation Management (CRM) yang mampu memberikan dukungan dalam proses pendekatan kepada pelanggan. Perusahaan dapat mengidentifikasi dan mengelompokkan pelanggannya. Serta mendukung keputusan dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan mereka, berdasarkan hasil pengelompokkan yang
dilakukan. Sehingga, pendeketan terhadap pelanggan dapat terkelola dengan baik.