Abstract:
Saat ini industri kosmetik terus mengalami kenaikan permintaan di pasar Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar yang berpotensial dalam bidang industri kosmetik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu negara pengimpor produk kosmetik terbesar di Indonesia yaitu Korea Selatan. Korea Selatan memiliki banyak brand untuk produk kecantikan yang terdapat di pasar Indonesia. Salah satu brand ternama dari Korea Selatan
di bidang kecantikan yaitu Nature Republic. Walaupun Nature Republic sudah dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia dan berhasil menjual produknya dengan jumlah yang terbilang tinggi, hal tersebut tidak membuat Nature Republic berhenti memasarkan
produk-produknya. Salah satu tindakan yang dilakukan oleh Nature Republic dalam memasarkan produk-produknya adalah dengan menggunakan brand ambassador sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan pesan sekaligus menarik perhatian masyarakat.
Nature Republic memilih NCT 127 menjadi brand ambassador menggantikan EXO yang secara resmi diumumkan oleh pihak Nature Republic pada 13 April 2020. Berdasarkan hasil preliminary research yang dilakukan oleh penulis kepada 30 responden, 24
responden menyatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk membeli produk Nature Republic karena adanya NCT 127 sebagai brand ambassador. Selain itu, 10 dari 13 responden yang pernah melakukan pembelian terhadap Nature Republic menyatakan
alasan mereka melakukan pembelian terhadap produk Nature Republic bukan karena adanya brand ambassador. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi
konsumen pada brand ambassador (X) beserta dimensinya yaitu visibility, credibility, attraction, dan power terhadap niat beli (Y) Nature Republic. Penelitian ini merupakan penelitian applied research dengan metode crosssectional yang memiliki tujuan bersifat explanatory research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan non-probability sampling yaitu dengan metode judgment sampling dengan
menyebarkan kuesioner kepada responden dengan kriteria responden yang berusia minimal 12 tahun, mengetahui brand Nature Republic, dan mengetahui NCT 127 merupakan brand ambassador Nature Republic. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 200 responden. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS Statistic 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang dilakukan oleh penulis, ditemukan bahwa persepsi konsumen atas dimensi visibility yang dinilai baik, credibility
yang dinilai cukup baik, serta attraction dan power yang dinilai buruk oleh responden. Kemudian, untuk niat beli konsumen terhadap Nature Republic mendapatkan nilai rendah. Selain itu, berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, ditemukan bahwa dimensi credibility, attraction, dan power memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk Nature Republic dengan kontribusi sebesar 60%,
sedangkan dimensi visibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk Nature Republic.