Evaluasi program dan analisis varians dalam menilai efektivitas program rebranding Onycha Boutique

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Christanty, Evelyn Teguh
dc.date.accessioned 2023-09-01T03:51:12Z
dc.date.available 2023-09-01T03:51:12Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43526
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15849
dc.description 24980 - FE en_US
dc.description.abstract Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 telah memicu turunnya minat konsumsi masyarakat dalam hal pakaian. Hal ini, membuat Onycha sebagai salah satu perusahaan pakaian wanita di kota Bandung harus mengalami kerugian hingga mencapai Rp 519.659.642 pada tahun 2020. Untuk bangkit dari keterpurukan tersebut, Onycha memutuskan untuk melakukan program rebranding selama 5 tahun kedepan, dimana melalui program rebranding ini, Onycha berharap dapat mengubah citra brand-nya dan dapat meningkatkan keuntungannya. Tahun 2021 merupakan tahun pertama Onycha melakukan program rebranding-nya. Akan tetapi, program rebranding yang dilakukan oleh Onycha di tahun pertama ini tidak berjalan dengan efektif, sehingga Onycha tidak dapat mencapai tujuannya. Hal ini terjadi karena adanya penyimpangan dalam rencana kerja dan anggaran yang telah ditetapkan Onycha, sehingga perubahan citra brand yang dilakukan tidak dapat disampaikan dengan baik dan juga terjadi peningkatan kerugian yang dialami oleh Onycha. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap rencana kerja dengan melihat pencapaian indikator keberhasilan rencana kerja dan melakukan analisis varians untuk mengevaluasi anggaran yang telah ditetapkan oleh Onycha Boutique. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana metode penelitian ini digunakan untuk mengungkapkan masalah yang terjadi dengan mengumpulkan data yang relevan untuk dianalisis. Penelitian ini juga memberikan gambaran mengenai objek yang akan diteliti yaitu perusahaan Onycha Boutique , sehingga dapat diberikan suatu simpulan dan saran yang sesuai dengan objek yang diteliti. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara dan studi dokumen. Evaluasi yang dilakukan untuk menilai efektivitas program rebranding Onycha dilakukan dengan cara menganalisis 4 indikator keberhasilan rencana kerja Onycha yaitu, indikator penjualan, indikator pengunjung website, indikator jumlah followers Instagram, dan indikator bounce rate. Akan tetapi, keempat indikator ini tidak berhasil dicapai oleh Onycha, sehingga rencana kerja yang dilakukan Onycha dalam program rebranding-nya tidak berjalan dengan efektif. Selain itu, dilakukan juga perhitungan varians penjualan dan beban penjualan dan pemasaran, dimana terdapat penyimpangan yang sangat besar dari hasil varians penjualan selama tahun 2021 yaitu, sebesar Rp 2.286.344.342 dan untuk varians beban penjualan dan pemasaran, untuk endorsement terjadi penyimpangan sebesar Rp91.578.411 dan untuk iklan Onycha tidak berhasil mencapai cost/revenue yang diinginkannya, sehingga dapat dikatakan bahwa keputusan Onycha untuk melakukan program rebranding tidaklah tepat dan terlalu terburuburu. Hal ini juga menandakan bahwa Onycha kurang melakukan monitoring sehingga, tidak ada tindakan korektif yang dapat dilakukan saat program rebranding Onycha berjalan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject evaluasi en_US
dc.subject Varians en_US
dc.subject efektif en_US
dc.subject program rebranding en_US
dc.subject rencana kerja en_US
dc.title Evaluasi program dan analisis varians dalam menilai efektivitas program rebranding Onycha Boutique en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901067
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account