Abstract:
Perkembangan zaman serta teknologi membuat gaya hidup manusia berubah dari konvensional menjadi serba digital contohnya adalah peralihan dari bisnis konvensional menjadi bisnis digital. Salah satu platform yang paling umum dipakai untuk berbisnis secara
online / digital adalah e-commerce. Bukalapak merupakan salah satu e-commerce yang beroperasi di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2010. Agar dapat bersaing dengan kompetitor pada bidang serupa, maka Bukalapak harus melakukan serangkaian cara agar konsumen memiliki keinginan untuk menggunakan aplikasi Bukalapak. Cara yang dapat dilakukan oleh Bukalapak adalah dengan melakukan kegiatan dan strategi bauran promosi.
Berdasarkan preliminary research yang telah dilakukan oleh penulis, diketahui bahwa kegiatan bauran promosi yang dilakukan oleh Bukalapak kurang baik, selain itu diketahui juga bahwa
niat pakai konsumen terhadap aplikasi Bukalapak masih sangat kurang. Bauran promosi merupakan perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan iklan dan pemasarannya (Peter & Olson, 2004). Pada penelitian ini, penulis ingin mengetahui pengaruh yang dimiliki oleh bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, serta hubungan masyarakat terhadap niat pakai pada aplikasi Bukalapak.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan atau applied research dengan metode eksplanatori. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif secara cross-sectional. Data
yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah 200 orang dengan teknik pengambilan data judgement sampling. Metode yang digunakan untuk menghitung hasil dari jawaban responden
adalah model regresi linear berganda. Metode ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap niat pakai pada aplikasi Bukalapak. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda yang dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa persepsi konsumen atas dimensi periklanan dan promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pakai dengan kontribusi sebesar 71,8% sedangkan sisanya yaitu 28,2% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sedangkan dimensi hubungan masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat pakai pada aplikasi Bukalapak.