Abstract:
Kemajuan teknologi menyebabkan terjadinya persaingan di antara berbagai ecommerce yang ada. Hal tersebut disebabkan dengan adanya fenomena belanja online. Lazada merupakan tempat belanja online atau e-commerce yang sudah berdiri di Indonesia sejak Maret 2012 silam. Sejak berdirinya, Lazada telah cukup
dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Namun berdasarkan data yang ada dan hasil preliminary research yang dilakukan oleh peneliti kepada 25 responden, Lazada belum menjadi pilihan utama e-commerce bagi masyarakat Indonesia. Hal ini diindikasikan karena online customer review yang dimiliki Lazada kurang baik.
Online customer review termasuk dalam electronic word of mouth yang merupakan hasil pengembangan dari word of mouth. Online customer review menjadi penting karena pada zaman globalisasi ini, konsumen akan membaca review terlebih dahulu
sebelum menggunakan atau melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online customer
review yang terdiri atas credibility source, review quality, review quantity, dan review valence terhadap intention to use Lazada. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan merupakan penelitian terapan yang menggunakan teknik analisis data
explanatory. Jika berdasarkan waktu penelitian, penelitian ini adalah crosssectional study. Kemudian berdasarkan teknik pengumpulan datanya, penelitian ini adalah penelitian survey, dimana data didapat dengan mengajukan pertanyaan
kepada responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden. Teknik sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria orang yang mengetahui Lazada dan pernah membaca online customer review mengenai Lazada. Pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel
dependen (Y) akan dianalisis menggunakan analisis linear berganda dengan alat bantu SPSS dan analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis statistik
deskriptif, ditemukan bahwa persepsi konsumen memiliki interpretasi buruk atas dimensi credibiity source, review quality, review quantity, dan review valence. Kemudian untuk intention to use Lazada juga memiliki interpretasi yang rendah.
Berdasarkan hasil pengolahan data dengan analisis regresi linear berganda, ditemukan bahwa dimensi credibiity source, review quality, review quantity, dan review valence memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use Lazada dengan kontribusi 87,3%.