Pengaruh marketing mix dan lifestyle konsumen wanita milenial terhadap niat beli produk fashion pada platform Shopee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Cardanson, Jevin
dc.date.accessioned 2023-08-30T02:39:03Z
dc.date.available 2023-08-30T02:39:03Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43507
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15829
dc.description 24961 - FE en_US
dc.description.abstract Pesatnya perkembangan teknologi berbanding lurus dengan pesatnya pemanfaatan internet. Dalam hal ini, internet tidak hanya digunakan untuk menunjang pekerjaan, namun internet juga digunakan sebagai hiburan dan pemenuhan kegiatan sehari-hari, salah satunya untuk berbelanja. Selain itu, adanya pandemi Covid-19, menyebabkan penggunaan internet semakin meningkat dan menjadi bagian penting pada kegiatan sehari-hari masyarakat. Sehingga, hal ini membuka peluang bagi perusahaan start up seperti Shopee untuk terus berinovasi dalam marketing strategy agar dapat meningkatkan niat beli masyarakat terhadap produk yang ditawarkan (Shoimah, 2020). Berdasarkan data yang diterbitkan oleh iPrice 2021, disebutkan bahwa kunjungan web bulanan pada Shopee adalah sebanyak 134,4 juta pada kuartal III 2021 dan meningkat 5,8% dari kuartal sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan lifestyle wanita milenial terhadap niat beli produk fashion di Shopee. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yusanti dan Triyonowati (2017) disebutkan bahwa marketing mix, celebrity endorsement, serta lifestyle dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner penelitian ini terbagi menjadi tiga, yaitu mengenai marketing mix, lifestyle, dan niat beli yang disebarkan melalui google form. Peneliti membatasi sampel penelitian ini hanya pada wanita milenial, dan didapatlah 100 orang wanita milenial sebagai sampel penelitian. Seluruh data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji statistik lain seperti uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing mix dan lifestyle wanita milenial mempengaruhi niat beli pada produk fashion di platform Shopee dengan nilai signifikansi sebesar 0,05. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui bahwa marketing mix dan lifestyle wanita milenial dapat mempengaruhi niat beli konsumen pada produk fashion di Shopee sebesar 54%. Sehingga, diharapkan platform Shopee dapat lebih memperhatikan marketing mix dan lifestyle konsumen untuk meningkatkan niat beli konsumen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject MARKETING MIX en_US
dc.subject lifestyle en_US
dc.title Pengaruh marketing mix dan lifestyle konsumen wanita milenial terhadap niat beli produk fashion pada platform Shopee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account