Pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat pakai ulang konsumen jasa ekspedisi Paxel

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Mauliate, Mariane Gracia
dc.date.accessioned 2023-08-30T02:19:12Z
dc.date.available 2023-08-30T02:19:12Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43505
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15827
dc.description 24959 - FE en_US
dc.description.abstract Masa pandemi memberikan dampak permintaan penggunaan jasa ekspedisi cepat melesat. Hingga 80% pembelian barang di e-commerce menginginkan layanan pengiriman instan atau same day delivery. Maraknya bisnis dagang berbasis digital membuka peluang besar untuk jasa ekspedisi. Salah satu jasa ekspedisi di Indonesia adalah PT Paxel Teknologi Unggul yang dikenal sebagai Paxel, yakni merupakan salah satu perusahaan startup pelopor jasa ekspedisi same day delivery antar kota di Indonesia. Berdasarkan preliminary research berupa wawancara kepada 16 orang yang telah menggunakan jasa ekspedisi Paxel, sebanyak 13 responden menyampaikan bahwa tidak memiliki niat pemakaian ulang jasa ekspedisi Paxel. Hal ini terjadi dikarenakan responden tersebut mengalami keluhan atas kualitas pelayanan jasa ekspedisi Paxel. Didapati responden merasa tidak puas dengan yang apa yang didapatkan dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh jasa ekspedisi Paxel. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible) terhadap niat pakai ulang jasa ekspedisi Paxel. Penelitian ini merupakan applied research dengan menggunakan metode explanatory research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 202 responden menggunakan google form. Selanjutnya, dilakukan analisis deskriptif dan analisis linear berganda dengan menggunakan tools SPSS. Berlandaskan olah data yang telah dilakukan, didapati hasil 2 dari 5 dimensi kualitas pelayanan yakni responsiveness dan assurance tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pakai ulang jasa ekspedisi Paxel. Selanjutnya didapati hasil 3 dari 5 dimensi kualitas pelayanan yakni reliability, empathy, dan tangible memberikan pengaruh signifikan terhadap niat pakai ulang jasa ekspedisi Paxel dengan kontribusi persentase sebesar 81,4%. Sementara persentase sisanya yakni sebesar 18,6% merupakan kontribusi dari faktor lain yang tidak dapat diperoleh dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject KUALITAS PELAYANAN en_US
dc.subject niat pakai ulang en_US
dc.subject jasa ekspedisi en_US
dc.subject Paxel en_US
dc.subject PT Paxel Teknologi Unggul en_US
dc.title Pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat pakai ulang konsumen jasa ekspedisi Paxel en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801220
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account