Abstract:
Pemasok merupakan aspek yang penting bagi keberhasilan suatu perusahaan. Perusahaan dapat melakukan evaluasi pemasok dalam upaya untuk mencegah timbulnya masalah-masalah yang dapat menghambat proses produksi. Namun Revenoir sendiri belum memiliki program untuk melakukan evaluasi terhadap pemasok. Revenoir sendiri memiliki tiga pemasok untuk bahan kulit sintetis yang
menjadi bahan utama dalam produksi. Karena itu pemasok bahan kulit sangatlah penting dan dapat mempengaruhi kinerja dari Revenoir itu sendiri dan sangat penting untuk dilakukan program peningkatan pemasok. Dalam penelitian ini, evaluasi dilakukan menggunakan perhitungan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk membandingkan tiga pemasok bahan kulit. Terdapat lima kriteria yang digunakan yaitu kualitas, harga, pengiriman, pelayanan, dan fleksibilitas. Masing-masing kriteria memiliki tiga hingga empat sub kriteria. Bobot dan penilaian untuk kriteria dan sub kriteria didapatkan melalui wawancara dengan pemilik Revenoir. Melalui penelitian ini didaptkan hasil: (1) Kriteria yang paling penting
menurut Revenoir adalah kualitas dengan bobot kepentingan tertinggi; (2) Pemasok dengan bobot tertinggi adalah “Pemasok 1”; (3) Masing-masing pemasok memiliki pilihan program berdasarkan hasil penilaian yang diambil dari Supplier Development Program (SDP) dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pada kriteria yang belum maksimal.