dc.description.abstract |
Seiring dengan kebutuhan manusia, tekstil merupakan suatu bahan fleksibel yang dibuat dari kumpulan benang yang saling terkait yang menghasilkan serat benang. Setiap bahan tekstil terbuat
dari serat benang termasuk karpet. Tekstil seperti kain diwarnai dengan berbagai warna. Proses pewarnaan seringkali membutuhkan beberapa galon air untuk setiap potong pakaian. Desain berwarna
yang terdapat dalam tekstil dapat dibuat dengan menganyam serat dengan warna berbeda, menambahkan jahitan berwarna pada kain jadi (bordir), membuat pola dengan metode pewarnaan, mengikat area kain dan mewarnai sisanya (ikatan pencelupan), menggambar desain lilin pada kain dan pencelupan di antaranya batik. Tekstil dibentuk sesuai dengan jenis produksinya yaitu dengan cara menenun (weaving), merajut (knitting), merenda (crocheting), membuat simpul (knotting). PT "X" adalah perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas yang disahkan pada tahun 1989. Aktivitas utama dari PT "X" ini adalah penjualan mesin dan sparepart serta Penyediaan Teknisi untuk Perbaikan Mesin terutama di bidang mesin celup tekstil. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan adalah persaingan promosi diantaranya teknologi yang lebih unggul dan harga yang lebih murah. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif yaitu memberikan gambaran tentang marketing yang ada di perusahaan secara terperinci. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu data primer yang dimana penulis melakukan wawancara dengan pihak PT "X" untuk mendapatkan data yang konkrit sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dengan
mempelajari buku-buku serta bacaan lain yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah analisis pelaksanaan personal selling dan sales promotion pada penjualan mesin celup tekstil HISAKA oleh PT "X" telah sesuai dengan teori yang dikemukan oleh Kotler. |
en_US |