dc.description.abstract |
Saat ini industri kecantikan makin berkembang, khususnya di Indonesia, tentunya disertai pula dengan timbulnya persaingan dalam industri kecantikan tersebut. Terutama dengan adanya dukungan dari pemerintah, membuat banyak pesaing baru bermunculan dengan banyak inovasi. Semakin banyaknya permintaan pada produk kecantikan membuat persaingan semakin sengit dan dibutuhkan strategi untuk menarik konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk tersebut.
Strategi sendiri merupakan sebuah tujuan jangka panjang perusahaan dengan melalui perencanaan terhadap alokasi sumber daya, penentu pasar, menghadapi pesaing dan juga dengan memperhatikan faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Strategi yang dilakukan diantaranya adalab strategi bersaing, strategi manajemen serta strategi marketing.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisis strategi bersaing. Penulis ingin menunjukkan dan mengetahui strategi apa yang digunakan MAKE OVER pada saat melakukan penelitian. Analisis yang dilakukan yaitu Internal dan Eksternal Factor Evaluation, agar dapat diketahui strategi apa saja yang digunakan setelah melakukan analisis di dalam dan di luar perusahaan.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif analisis, metodenya berdasarkan dua data yaitu primer dan sekunder. metode ini menggunakan data kualitatif. Sedangkan untuk analisis strategi bersaing MAKEOVER penulis menggunakan analisis Lingkungan internal dan eksternal dengan matriks SWOT, matriks TFE & EFE, dan matriks IE. Maka berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal, perusahaan berada pada kuadran I dimana pada kuadran ini perusahaan berada pada posisi grow and build.
Saat ini produk MAKE OVER memiliki harga jual yang tinggi dibandingkan produk lokal lainnya, target pasarnya telah mengenal jenis produknya namun sensitif terhadap harga. Serta tingginya ancaman masuk pesaing baru. Kondisi tersebut, membuat produk MAKEOVER merasa strategi penetrasi pasar cocok untuk diterapkan pada perusahaannya. |
en_US |