Upaya perbaikan berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli konsumen jasa cetak foto daring

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Handayani
dc.date.accessioned 2023-07-31T09:04:28Z
dc.date.available 2023-07-31T09:04:28Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42488
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15638
dc.description 5967 - FTI en_US
dc.description.abstract Peningkatan jumlah pengguna media sosial menjadi sebuah peluang yang besar bagi para pelaku bisnis, terutama yang berbasis daring atau online. Berdiri sejak tahun 2019, Toko Online X merupakan jasa cetak foto dengan custom variasi seperti polaroid, photocard, photostrip, dan lain-lain. Pasar percetakan daring (online) diproyeksikan akan terus mengalami pertumbuhan. Namun, penjualan yang dimiliki Toko Online X mengalami penurunan, meskipun pemilik telah melakukan berbagai upaya untuk dapat meningkatkan niat beli konsumen. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk dapat menemukan faktorfaktor apa saja yang berpengaruh terhadap niat beli konsumen pada Toko Online X. Pembangunan model penelitian dan faktor-faktor yang berpengaruh pada niat beli berdasarkan pada hasil wawancara dan studi literatur. Faktor-faktor tersebut adalah e- WOM, attitude towards social media advertising, peer communication, price discount dan store image. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dari 150 responden kemudian diolah dan diuji menggunakan Uji Normalitas Multivariat dan PLS-SEM melalui evaluasi pengukuran, evaluasi struktural, serta evaluasi efek mediasi. Hasil pengujian model penelitian menunjukkan bahwa niat beli konsumen secara signifikan dipengaruhi oleh e-WOM, attitude towards social media advertising, peer communication, dan store image. Selain itu, untuk price discount tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli, melainkan akan memengaruhi store image terlebih dahulu yang pada akhirnya juga akan memengaruhi niat beli. Importance Performance Map Analysis (IPMA) digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan dan menghasilkan variabel attitude towards social media advertising, price discount, dan peer communication. Dari penelitian, dihasilkan 5 usulan perbaikan yang diterima oleh pemilik dan diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan niat beli konsumen dan juga penjualan yang selama ini mengalami penurunan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Upaya perbaikan berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli konsumen jasa cetak foto daring en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610086
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account