Abstract:
Peningkatan jumlah pengguna media sosial menjadi sebuah peluang yang besar bagi para
pelaku bisnis, terutama yang berbasis daring atau online. Berdiri sejak tahun 2019, Toko
Online X merupakan jasa cetak foto dengan custom variasi seperti polaroid, photocard,
photostrip, dan lain-lain. Pasar percetakan daring (online) diproyeksikan akan terus
mengalami pertumbuhan. Namun, penjualan yang dimiliki Toko Online X mengalami
penurunan, meskipun pemilik telah melakukan berbagai upaya untuk dapat meningkatkan
niat beli konsumen. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk dapat menemukan faktorfaktor
apa saja yang berpengaruh terhadap niat beli konsumen pada Toko Online X.
Pembangunan model penelitian dan faktor-faktor yang berpengaruh pada niat beli
berdasarkan pada hasil wawancara dan studi literatur. Faktor-faktor tersebut adalah e-
WOM, attitude towards social media advertising, peer communication, price discount dan
store image. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei menggunakan kuesioner.
Data yang terkumpul dari 150 responden kemudian diolah dan diuji menggunakan Uji
Normalitas Multivariat dan PLS-SEM melalui evaluasi pengukuran, evaluasi struktural,
serta evaluasi efek mediasi. Hasil pengujian model penelitian menunjukkan bahwa niat beli
konsumen secara signifikan dipengaruhi oleh e-WOM, attitude towards social media
advertising, peer communication, dan store image. Selain itu, untuk price discount tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli, melainkan akan memengaruhi store
image terlebih dahulu yang pada akhirnya juga akan memengaruhi niat beli. Importance
Performance Map Analysis (IPMA) digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan dan
menghasilkan variabel attitude towards social media advertising, price discount, dan peer
communication. Dari penelitian, dihasilkan 5 usulan perbaikan yang diterima oleh pemilik
dan diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan niat beli konsumen dan juga
penjualan yang selama ini mengalami penurunan.