Pengaruh persepsi konsumen pada e-service quality terhadap niat pakai ulang konsumen Linkaja dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Napitupulu, Michiko Sarah Lidya
dc.date.accessioned 2023-07-31T07:13:34Z
dc.date.available 2023-07-31T07:13:34Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43146
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15634
dc.description 24840 - FE en_US
dc.description.abstract E-wallet adalah perangkat elektronik, layanan, atau aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dan pembayaran melalui media internet. LinkAja yang merupakan pionir dari dompet digital di Indonesia dengan nama T-Cash merupakan satu-satunya e-wallet milik pemerintah. Berdasarkan hasil preliminary research yang sudah penulis lakukan, disimpulkan bahwa sebagian besar responden pernah mengalami masalah terkait kualitas pelayanan dari LinkAja. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan konsumen kedepannya dan juga akan berdampak pada niat pakai ulang aplikasi LinkAja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis persepsi konsumen atas e-service quality dari dompet digital LinkAja, persepsi kepuasan konsumen atas e-service quality LinkAja, persepsi konsumen atas niat pakai ulang dompet digital LinkAja, pengaruh persepsi konsumen atas e-service quality terhadap kepuasan konsumen pada e-service quality LinkAja, pengaruh kepuasan konsumen atas e-service quality terhadap niat pakai ulang konsumen LinkAja, dan faktor-faktor paling penting berdasarkan hasil Importance Performance Analysis. Penelitian ini termasuk dalam applied research dengan metode explanatory research dan deskriptif dengan membagikan kuesioner kepada 206 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) juga digunakan guna melihat hubungan antara variabel independen (reliability, responsiveness, efficiency, dan assurance/trust) dan variabel dependen (niat pakai ulang) dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-service quality melalui dimensi reliability, responsiveness, efficiency, dan assurance/trust terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen atas reliability, responsiveness, dan assurance/ trust juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pakai ulang, tetapi kepuasan konsumen atas efficiency tidak memiliki pengaruh terhadap niat pakai ulang dompet digital LinkAja. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persepsi konsumen atas e-service quality LinkAja rendah, kepuasan konsumen atas dimensi reliability, responsiveness, efficiency, dan assurance/trust menunjukkan tidak puas, dan persepsi konsumen atas niat pakai ulang LinkAja rendah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject e-service quality en_US
dc.subject kepuasan konsumen en_US
dc.subject niat pakai ulang en_US
dc.subject dompet digital en_US
dc.subject LinkAja en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen pada e-service quality terhadap niat pakai ulang konsumen Linkaja dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801181
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account