Analisis pengaruh celebrity endorser terhadap niat beli konsumen pada online shop Blishful Lipcare

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Ridhwan, Chianti Suksmarani
dc.date.accessioned 2023-07-31T04:17:26Z
dc.date.available 2023-07-31T04:17:26Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43143
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15631
dc.description 24837 - FE en_US
dc.description.abstract Teknologi di era digital saat ini mulai berkembang dengan pesat. Hal tersebut mendorong banyak pelaku bisnis untuk memanfaatkan penggunaan teknologi, salah satunya media internet, sebagai media penjualan secara online melalui e-commerce. Dalam penggunaannya, perlu dibentuk strategi promosi yang efektif sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen, contohnya seperti strategi endorsement. Peran penting dalam endorsement ada pada pemilihan endorser. Hal ini dikarenakan citra positif dari endorser akan mempengaruhi target pasar melalui penyampaian pesan. Pemilihan endorser dalam endorsement telah dilakukan oleh salah satu pelaku usaha di bidang kecantikan khususnya perawatan bibir yaitu Blishful Lipcare. Strategi endorsement yang dilakukan oleh Blishful Lipcare yaitu dengan menggunakan celebrity endorser dan typical endorser. Berdasarkan data preliminary research dan hasil observasi, didapatkan hasil jika calon konsumen Blishful Lipcare memiliki niat beli yang lebih tinggi ketika endorsement dilakukan oleh typical person atau orang biasa jika dibandingkan dengan celebrity person yang dilakukan oleh orang terkenal. Hal tersebut menjadi dasar penelitian terkait efektivitas terhadap penggunaan celebrity endorser pada niat beli konsumen Blishful Lipcare. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity dari celebrity endorser terhadap niat beli konsumen pada online shop Blishful Lipcare. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode eksplanatori dan dianalisis secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan kriteria tertentu menggunakan metode judgement sampling. Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima dimensi variabel celebrity endorser, hanya dua dimensi yang berpengaruh secara positif dan signifikan yaitu expertise dan similarity yang dapat memprediksi sebesar 35,9% terhadap niat beli, sedangkan ketiga dimensi lainnya yaitu trustworthiness, attractiveness, dan respect tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen Blishful Lipcare. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan untuk Blishful Lipcare yaitu dapat memilih celebrity endorser yang berlatar belakang beauty expertise, serta melakukan market research mendalam terkait celebrity endorser agar sesuai dengan target market yang sudah ditetapkan dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject celebrity endorser en_US
dc.subject online shop en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.title Analisis pengaruh celebrity endorser terhadap niat beli konsumen pada online shop Blishful Lipcare en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801174
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account