Analisis pengaruh brand ambassador Song Joong Ki terhadap niat beli produk Scarlett Whitening : studi kasus pada konsumen perempuan di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Angelica, Lauren
dc.date.accessioned 2023-07-31T03:01:43Z
dc.date.available 2023-07-31T03:01:43Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43138
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15626
dc.description 24832 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi komunikasi digital khususnya melalui media sosial di masa sekarang ini sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seperti perilaku dan gaya hidup seseorang. Berkat perubahan tersebut banyak masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan mulai merubah gaya hidupnya, terlihat dari cara mereka menjaga penampilannya. Salah satu bentuk yang dilakukan yaitu dengan menggunakan produk-produk yang dapat membantu menjaga kulit mereka seperti menggunakan skincare maupun bodycare. Beberapa tahun belakangan, budaya Korea Selatan mulai berkembang sangat pesat bahkan diterima luas oleh masyarakat dunia yang menyebabkan munculnya fenomena yang dikenal sebagai Korean Wave atau “Hallyu”. Fenomena tersebarnya budaya Korea Selatan diawali dari munculnya K-Drama, musik K-Pop, makanan, fashion, dan lifestyle yang digemari masyarakat. Berdasarkan survei oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, sebanyak 842 dari 924 respoden masyarakat Indonesia merupakan penggemar drama Korea dan Indonesia merupakan negara dengan peringkat pertama penggemar KPop terbanyak. Seiring dengan berkembangnya popularitas budaya Korea Selatan di Indonesia, membuat banyak masyarakat Indonesia antusias terhadap produk-produk yang bekerja sama dengan aktris atau aktor, dan boyband atau girl group asal Korea Selatan. Dengan munculnya fenomena tersebut, banyak brand lokal Indonesia yang mulai menggunakan artis dari Korea Selatan untuk memperkenalkan produknya salah satunya adalah Scarlett Whitening yang mengangkat Song Joong Ki sebagai brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dimensi brand ambassador terhadap niat beli konsumen perempuan di Indonesia pada produk Scarlett Whitening. Penelitian ini termasuk dalam applied research, menggunakan metode eksplanatori dan metode pengumpulan data secara cross-sectional. Penelitian ini didukung dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 108 responden berjenis kelamin wanita, berusia antara 17-34 tahun, merupakan penggemar atau fans dan followers Song Joong Ki, dan pengguna produk skincare dan bodycare. Data-data yang diteliti diolah menggunakan analisis kuantitatif, dengan metode analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat dimensi brand ambassador, hanya dimensi credibility dan power yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli sebesar 34%, sedangkan dimensi visibility dan attraction tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Brand Ambassador en_US
dc.subject Visibility en_US
dc.subject Credibility en_US
dc.subject Attraction en_US
dc.subject Power en_US
dc.subject Niat Beli en_US
dc.title Analisis pengaruh brand ambassador Song Joong Ki terhadap niat beli produk Scarlett Whitening : studi kasus pada konsumen perempuan di Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801158
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account