Analisis pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) pada platform Female Daily Network terhadap niat beli produk Bio Beauty Lab

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Hutagalung, Anggi Priyanka
dc.date.accessioned 2023-07-31T02:52:16Z
dc.date.available 2023-07-31T02:52:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43136
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15624
dc.description 24830 - FE en_US
dc.description.abstract Zaman sekarang ini, perkembangan informasi dan teknologi telah memunculkan berbagai digital platform yang memanfaatkan pemasaran secara digital untuk meningkatkan niat beli. Saat ini di Indonesia semakin banyak bermunculan digital platform yang melakukan pemasaran secara digital. Dengan melihat penggunaan internet yang didominasi oleh wanita, pemasaran digital mengenai produk kecantikan salah satunya skincare menjadi semakin marak dilakukan. Contoh digital platform yang melakukan e-WOM skincare dan berfokus kepada wanita adalah platform Female Daily Network (FDN) yang melakukan e- WOM mengenai skincare salah satunya yaitu merek Bio Beauty Lab (BBL). Lebih lanjut lagi terdapat sebuah fenomena penggunaan e-WOM melalui digital platform sebagai salah satu strategi pemasaran secara digital di Indonesia. Dari hasil preliminary research, terdapat indikasi rendahnya niat beli terhadap produk BBL setelah melihat e-WOM BBL pada platform FDN. Melalui preliminary research tersebut ditemukan bahwa hal-hal terkait dengan jumlah pengguna, informasi produk, dan komentar negatif menjadi alasan responden tidak berniat beli. Oleh karena itu, ditemukan prasangka kurang baik atas penggunan e-WOM untuk memunculkan niat beli. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM (X) pada platform Female Daily Network (FDN) beserta dengan tiap dimensi nya yaitu intensitas, valensi opini, dan konten terhadap niat beli produk BBL (Y). Penelitian ini adalah applied research dengan menggunakan metode penelitian eksplanatori dan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan cara kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan kategori purposive sampling dengan kriteria wanita usia 18 tahun sampai 45 tahun, mengetahui FDN, pernah menonton konten video ulasan produk BBL, pernah membaca forum situs web FDN pada bagian brand page BBL, dan merupakan followers dari FDN. Pengumpulan data kuesioner dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan Google Form. Data yang terkumpul sebanyak 102 responden dan penulis melakukan analisis data dengan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa persepsi responden terhadap e- WOM pada platform FDN cukup baik. Untuk dimensi valensi opini dan konten dinilai cukup baik sedangkan untuk dimensi intensitas masih buruk. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa dari 3 dimensi variabel Electronic Word of Mouth yaitu intensitas, valensi opini, dan konten memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli produk BBL dengan kontribusi sebesar 39,9%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Electronic Word of Mouth en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.subject persepsi konsumen en_US
dc.subject platform en_US
dc.title Analisis pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) pada platform Female Daily Network terhadap niat beli produk Bio Beauty Lab en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801156
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account