dc.description.abstract |
Zaman sekarang ini, perkembangan informasi dan teknologi telah memunculkan berbagai digital platform yang memanfaatkan pemasaran secara digital untuk meningkatkan niat beli. Saat ini di Indonesia semakin banyak bermunculan digital platform yang melakukan pemasaran secara digital. Dengan melihat penggunaan internet yang didominasi oleh wanita, pemasaran digital mengenai produk kecantikan salah satunya skincare menjadi semakin marak dilakukan. Contoh digital platform yang melakukan e-WOM skincare dan berfokus kepada wanita adalah platform Female Daily Network (FDN) yang melakukan e- WOM mengenai skincare salah satunya yaitu merek Bio Beauty Lab (BBL). Lebih lanjut lagi terdapat sebuah fenomena penggunaan e-WOM melalui digital platform sebagai salah satu strategi pemasaran secara digital di Indonesia. Dari hasil preliminary research, terdapat indikasi rendahnya niat beli terhadap produk BBL setelah melihat e-WOM BBL pada platform FDN. Melalui preliminary research tersebut ditemukan bahwa hal-hal terkait dengan jumlah pengguna, informasi produk, dan komentar negatif menjadi alasan responden tidak berniat beli. Oleh karena itu, ditemukan prasangka kurang baik atas penggunan e-WOM untuk memunculkan niat beli. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM (X) pada platform Female Daily Network (FDN) beserta dengan tiap dimensi nya yaitu intensitas, valensi opini, dan konten terhadap niat beli produk BBL (Y). Penelitian ini adalah applied research dengan menggunakan metode penelitian eksplanatori dan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan cara kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan kategori purposive sampling dengan kriteria wanita usia 18 tahun sampai 45 tahun, mengetahui FDN, pernah menonton konten video ulasan produk BBL, pernah membaca forum situs web FDN pada bagian brand page BBL, dan merupakan followers dari FDN. Pengumpulan data kuesioner dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan Google Form. Data yang terkumpul sebanyak 102 responden dan penulis melakukan analisis data dengan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa persepsi responden terhadap e- WOM pada platform FDN cukup baik. Untuk dimensi valensi opini dan konten dinilai cukup baik sedangkan untuk dimensi intensitas masih buruk. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa dari 3 dimensi variabel Electronic Word of Mouth yaitu intensitas, valensi opini, dan konten memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli produk BBL dengan kontribusi sebesar 39,9%. |
en_US |