Abstract:
DFSK merupakan singkatan dari DongFeng Sokon yang merupakan produsen otomotif asal Tiongkok yang memproduksi kendaraan roda empat untuk pasar otomotif diIndonesia. DFSK merupakan produsen otomotif pendatang di Indonesia dan masih memerlukan banyak sekali perjuangan untuk dapat bersaing dengan kompetitor di industri yang sama yaitu industri otomotif Indonesia. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor pada industri otomotif di Indonesia, DFSK perlu melakukan serangkaian cara agar produk mobil merek DFSK dapat dikenal oleh public secara luas. Adapun salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran merek produk mobil merek DFSK adalah dengan melakukan kegiatan dan strategi bauran promosi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan diketahui kegiatan bauran promosi yang dilakukan pihak DFSK mendapatkan penilaian yang kurang baik, sehingga mengenai temuan yang diketahui dari studi pendahuluan meningkatkan rasa keingintahuan penulis untuk mendalami lebih lanjut terkait pengaruh bauran promosi terhadap kesadaran merek produk mobil merek DFSK. Bauran promosi merupakan sebuah cara untuk berkomunikasi yang dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen atau pasar yang dituju, dengan tujuan menyampaikan informasi yang dimiliki perusahaan mengenai produk dari perusahaan agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Dalam penelitian ini, penulis hendak mencari tahu pengaruh yang dimiliki bauran promosi yang dilakukan DFSK yang terdiri dari advertising, sales promotion, public relation, personal selling, dan direct selling terhadap kesadaran merek produk mobil merek DFSK. Penelitian yang dilakukan penulis berjenis applied research dengan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini juga dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data kuantitatif dan dimensi waktu yang digunakan adalah cross-sectional study. Data yang terkumpul pada penelitian ini adalah sebanyak 100 orang yang teknik pengambilan data yaitu judgement sampling. Metode yang digunakan untuk perhitungan hasil jawaban responden dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif Statistik, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Regresi Linear Berganda. Dengan menggunakan metode yang telah disebutkan, maka akan terlihat seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap kesadaran merek produk mobil merek DFSK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penilaian dengan interpretasi buruk untuk variabel bauran promosi dan penilaian dengan interpretasi cukup pada variabel kesadaran merek. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh variabel bauran promosi terhadap variabel kesadaran merek secara signifikan. Dimensi dari variabel bauran promosi yang paling berpengaruh adalah dimensi advertising dan dimensi personal selling. Pengaruh signifikan tersebut memiliki dampak sebesar 33,6% , sedangkan sebesar 66,4% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.