Analisa dampak kepuasan konsumen dalam upaya meningkatkan loyalitas konsumen Mekarwangi Beras

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Kadarusman, Marcela Celine
dc.date.accessioned 2023-07-28T02:00:56Z
dc.date.available 2023-07-28T02:00:56Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43108
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15595
dc.description 24802 - FE en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar warga negaranya bermata pencarian sebagai petani. Salah satu hasil pertanian yang menarik perhatian masyarakat mancanegara adalah beras. Mekarwangi Beras merupakan perusahaan yang hanya bergerak di bidang perberasan berlokasi di Bandung, Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1998. Seiring berjalannya waktu semenjak pandemi di tahun kedua yaitu 2021 penjualan mengalami penurunan padahal nasi termasuk ke dalam makanan pokok masyarakat Asia terutama di Indonesia. Penulis melakukan preliminary research lalu mendapatkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan bagi konsumen dalam membeli beras seperti harga yang ditawarkan, kualitas produk, pelayanan, dan pengiriman. Namun saat membeli beras, terdapat banyak alasan lainnya yang memungkinkan munculnya rasa puas atau tidaknya konsumen pada perusahaan. Berbagai kemungkinan faktor tersebut dapat memberikan dampak pada loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengkonfirmasi apakah kelima dimensi yang sudah dicari dapat memuaskan konsumen serta penting bagi konsumen saat membeli, loyalitas konsumen yang telah ada saat ini terhadap perusahaan, dan bagaimana kepuasan dapat berdampak pada loyalitas. Dengan tujuan peneliti untuk menemukan berbagai faktor maka pada penelitian ini dilakukan dengan applied research karena saat hasil telah didapatkan akan digunakan sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Lalu untuk mengumpulkan data pada penelitian ini dilakukan dengan depth interview ke 30 responden dan melakukan observasi. Hasil yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk tabel serta dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan faktor kualitas produk serta harga yang ditawarkan yang konsumen anggap penting dalam membeli beras dan memuaskan konsumen serta dapat memberikan dampak untuk menjadi lebih loyal pada perusahaan. Faktor lainnya yaitu kualitas pelayanan, sistem pembayaran, dan tempat membeli beras tidak terlalu memberikan dampak pada loyalitas konsumen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject penurunan penjualan en_US
dc.subject faktor kepuasan en_US
dc.subject loyalitas konsumen en_US
dc.title Analisa dampak kepuasan konsumen dalam upaya meningkatkan loyalitas konsumen Mekarwangi Beras en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account