dc.description.abstract |
Pada masa kemajuan teknologi saat ini, salah satu industri yang berkembang adalah industri game dengan berbagai perusahaan game mengembangkan game yang dapat menarik para pemain. Saat ini, Indonesia merupakan salah satu pasar pengguna game terbesar di Asia Tenggara dengan 44,2 juta pemain genre e-sport dengan penghasilan industri sebesar 1,1 miliar dolar AS. Salah satu game yang populer dalam genre First Person Shooter adalah Counter-Strike: Global Offensive. Dengan banyaknya game bergenre First Person Shooter muncul menyebabkan persaingan bagi pengembang game Counter-Strike: Global Offensive untuk menarik sebanyak-banyak pemain. Akan tetapi, dari berbagai aspek yang ada di dalam atribut produk game tersebut para pemain masih menemukan hal yang tidak sesuai harapan dalam Game Quality dan Game Content Design. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari atribut produk Game Quality dan Game Content Design terhadap niat untuk menggunakan. Penulis menggunakan teori atribut produk dan niat untuk menggunakan dengan pendekatan dari teori niat beli. Pada atribut produk menggunakan konsep yang dibagi menjadi tiga, yaitu Game Quality, Game Content Design, dan Game Motivation. Dalam penelitian ini, hanya akan menggunakan konsep Game Quality dan Game Content Design. Game Quality memiliki tiga indikator, yaitu Information Quality, System Quality, dan Service Quality. Sedangkan untuk Game Content Design juga memiliki tiga indikator, yaitu Aesthetics, Mechanics, dan Technology. Penelitian ini merupakan explanatory research yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen. Selain itu juga menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data dari hasil kuesioner. Penelitian ini mengumpulkan data dengan sampel 100 responden di Kota Bandung. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis yang dirumuskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel atribut produk Game Quality dan Game Content Design terhadap Niat Untuk Menggunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel atribut produk Game Quality dan Game Content Design memiliki pengaruh terhadap variabel niat untuk menggunakan secara simultan maupun secara parsial. Atribut produk Game Quality yang dipersepsikan kurang baik oleh konsumen menyebabkan Niat Untuk Menggunakan yang rendah dari konsumen. Melalui koefisien determinasi atribut produk Game Quality dan Game Content Design memiliki kontribusi pengaruh sebesar 49,8% terhadap Niat Untuk Menggunakan dan dengan analisis regresi linear berganda besar pengaruh Game Quality menggunakan uji t sebesar 0,198 dan Game Content Design sebesar 0,406 dan dengan hasil uji f kedua variabel atribut produk tersebut berpengaruh secara simultan. Penelitian ini memiliki tingkat kepercayaan 95% (a = 5%) dengan hasil tiga hipotesis yaitu H1, H2, dan H3 diterima. Semakin baik persepsi konsumen atas atribut produk Game Quality dan Game Content Design akan menaikkan niat untuk menggunakan konsumen. Saran bagi perusahaan adalah untuk memperbaiki kualitas sistem anti-cheat, memiliki layanan customer service yang dapat secara langsung melayani konsumen, serta mengembalikan fitur pemilihan model karakter operator. |
en_US |