Analisis pengaruh e-servqual terhadap niat menggunakan ulang pada aplikasi Peduli Lindungi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Rafi, Naufal Fajar
dc.date.accessioned 2023-07-24T03:46:44Z
dc.date.available 2023-07-24T03:46:44Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43079
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15556
dc.description 24773 - FE en_US
dc.description.abstract Pesatnya perkembangan teknologi Informasi termasuk Internet, membawa dampak yang besar bagi seluruh aspek dalam kehidupan manusia. Dilansir dari Kompas.com, jumlah pengguna Internet di Indonesia pada awal tahun 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Salah satu dampak dari pekembangan teknologi adalah banyaknya aplikasi-aplikasi mobile yang bermunculan. Aplikasi mobile ini merupakan aplikasi yang dirancang untuk perangkat-perangkat mobile seperti: smartphone, smartwatch, tablet, dan lainnya (Guntoro, 2021). Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam pembuatan aplikasi mobile tentu perlu memberikan pelayanan elektronik (e-service) yang baik untuk meningkatkan kualitas layanan pada aplikasi tersebut. Usmara (2003) dalam jurnal Gofur (2019) menyatakan bahwa kualitas pelayanan merupakan sebuah penyataan sikap, dan hubungan yang dihasilkan melalui adanya perbandingan antara ekspetasi (harapan) dengan kinerja (hasil). Berdasarkan Observasi, penulis menemukan bahwa ketidaksesuaian antara rating dengan kolom komentar pada aplikasi Peduli Lindungi pada Google Play Store. Aplikasi Peduli Lindungi mendapatkan rating 3.3. Menurut Mail (2020) Aplikasi atau game yang rating-nya berada pada bintang 3 - 4 termasuk kepada aplikasi yang biasa saja. Namun jika dilihat dalam komentar teratasnya cenderung merupakan ulasan buruk terhadap aplikasi Peduli Lindungi, dan pada kolom review topic pada sesi komentar ini pun cenderung membahas hal yang negatif dari aplikasi ini, seperti tentang server yang eror tentang izin mengatifkan lokasi, tentang daya tahan baterai menjadi berkurang, dan masih banyak lagi topik ulasan yang cenderung negatif terhadap aplikasi yang membuat niat menggunakan Peduli Lindungi rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ini adalah explanatory research. Pengumpulan data penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dimana penulis mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner yang disebar pada 104 responden yang pernah menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan telah melewati berbagai Uji Statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic service quality dengan dimensi efficiency, fulfilment, system availability, privacy, responsiveness, dan contact yang berpengaruh terhadap niat menggunakan ulang yaitu sebesar 73.2% pada aplikasi Peduli Lindungi. Namun terdapat perbedaan dimensi electronic service quality yang berpengaruh positif pada aplikasi Peduli Lindungi, yaitu dimensi efficiency, fulfilment dan privacy. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Electronic Service Quality en_US
dc.subject Efficiency en_US
dc.subject Fulfilment en_US
dc.subject System availability en_US
dc.subject Privacy en_US
dc.subject Responsiveness en_US
dc.subject Contact en_US
dc.subject Niat menggunakan ulang. en_US
dc.title Analisis pengaruh e-servqual terhadap niat menggunakan ulang pada aplikasi Peduli Lindungi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801028
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account