Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Formula Auto Detailing Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Sugiaman, Stanislaus Michael
dc.date.accessioned 2023-07-24T03:35:43Z
dc.date.available 2023-07-24T03:35:43Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43077
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15554
dc.description 24771 - FE en_US
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen Formula Auto Detailing saat ini. Selain itu juga penulis ingin mengetahui seberapa besar pengaruh untuk setiap dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu tangible, empathy, responsiveness, assurance, dan reliability mempengaruhi kepuasan konsumen Formula Auto Detailing Tasikmalaya. Dalam penelitian ini yang merupakan populasi adalah seluruh konsumen Formula Auto Detailing Tasikmalaya di daerah Jawa Barat. Terdapat 117 responden yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel ini diambil dengan teknik simple random sampling, yang merupakan pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Berdasarkan analisis data, indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan variabel-variabelnya bersifat reliabel. Pada uji asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heterokedasitas, dan berdistribusi normal. Urutan secara individu dari masing-masing dimensi variabel yang paling berpengaruh adalah variabel tangible dengan koefisien regresi sebesar 0,246; lalu reliability dengan koefisien regresi sebesar 0,212; kemudian responsiveness dengan koefisien regresi sebesar 0,157; kemudian empathy dengan koefisien regresi sebesar 0,120; dan dimensi variabel yang berpengaruh paling rendah adalah assurance dengan koefisien regresi sebesar 0,098. Oleh karena itu Formula Auto Detailing Tasikmalaya perlu lebih berfokus pada dimensi variabel yang dinilai lebih penting seperti bukti fisik (tangible) dan kehandalan (reliability). Dalam kaitannya dengan bukti fisik (tangible), Formula Auto Detailing Tasikmalaya perlu melakukan renovasi pada bangunan dengan mengecat ulang tembok-tembok yang kotor, memperbaiki bangunan yang rusak, dan menyediakan ruang tunggu yang lebih nyaman lagi. Dalam kaitannya dengan keandalan (reliability), Formula Auto Detailing Tasikmalaya perlu dilakukan penambahan keterampilan dan pengetahuan karyawan dengan memberi pelatihan berupa training dan development. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject , Kepuasan Konsumen en_US
dc.title Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Formula Auto Detailing Tasikmalaya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801026
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account