Abstract:
Coffee shop merupakan sebuah kedai kopi atau tempat yang menyediakan olahan kopi menggunakan mesin espresso ataupun cara manual, dan terdapat makanan ringan. Salah satu coffee shop yang berada di Kota Tangerang adalah Kopi Soe Banjar Wijaya. Kopi Soe Banjar Wijaya berlokasi di perumahan banjar wijaya, ruko azores, cipondoh, Kota Tangerang dan telah berdiri sejak tahun 2020. Penulis melihat sebuah fenomena bahwa intensitas pengunjung Kopi Soe Banjar Wijaya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan coffee shop disekitarnya yaitu Kopi Kenangan. Maka dari itu, penulis melakukan observasi lebih lanjut serta preliminary research, dan ditemukan bahwa niat kunjung ulang konsumen rendah. Dari hasil preliminary research yang telah dilakukan, ditemukan bahwa alasan konsumen tidak ingin berkunjung ulang adalah tempat yang kurang bersih dan rapi, tempat yang kurang luas, bangku yang kurang nyaman, tempat yang panas, pelayanan yang kurang ramah, rasa kopi yang kurang terasa, pesanan yang datang cukup lama, dan packaging yang tidak rapi. Adapun alasan konsumen ingin berkunjung ulang adalah harga yang terjangkau, rasa kopi yang tidak terlalu pahit atau asam, dan tempat yang dekat dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas Store Atmosphere (X1), persepsi konsumen atas Service Quality (X2), dan Niat Kunjung Ulang (Y). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi konsumen atas Store Atmosphere dan Service Quality terhadap Niat Kunjung Ulang Pada Kopi Soe Banjar Wijaya. Penelitian ini merupakan penelitian applied research, dan metode penelitian ini adalah explanatory. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dan data sampel yang digunakan adalah judgment sampling yang berarti adalah responden dari penelitian ini adalah yang sudah pernah melakukan dine-in di Kopi Soe Banjar Wijaya. Data yang dikumpulkan berjumlah 203 responden dengan teknik pengolahan data analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat persepsi konsumen atas Store Atmosphere (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Kunjung Ulang (Y). Hasil dari analisis deskriptif bahwa variabel persepsi konsumen atas store atmosphere memiliki nilai sedang, variabel service quality memiliki nilai baik, dan variabel niat kunjung ulang memiliki nilai rendah.