Abstract:
Sudah kita ketahui bahwa Bandung merupakan kota yang sangat terkenal akan berbagai macam kuliner, baik dari sisi rasa maupun tekstur yang unik. Seiring dengan berjalannya waktu, persaingan kreativitas masyarakat Indonesia saat ini sudah banyak
sekali menciptakan kuliner menjadi lebih bervariasi dan salah satunya adalah Dear Butter. Dear Butter merupakan perusahaan yang berfokus dalam penawaran produk makanan croffle. Untuk di Kota Bandung sendiri, konsumen bisa menemukannya di salah satu cabang yaitu di Mall Paskal 23 lantai 3 Jalan Pasir Kaliki No. 25-27.
Berdasarkan hasil preliminary research, dapat disimpulkan bahwa 5 responden dengan memiliki latar belakang mahasiswa penyuka makanan manis memiliki niat beli ulang yang rendah dengan berbagai macam alasan diantaranya harga croffle yang ditawarkan cukup mahal, ukuran croffle yang terlalu kecil, rasa croffle yang terlalu
manis, dan tekstur croffle yang keras. Variabel yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini terdiri dari variabel
independen (X) yaitu price dan food quality serta variabel dependen (Y) yaitu niat beli ulang. Penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 115 responden dengan menggunakan non-probabilistic secara judgemental sampling dimana pengambilan sampel didasarkan pada kriteria
khusus yaitu konsumen khususnya mahasiswa penyuka makanan manis yang pernah membeli serta mencoba croffle Dear Butter di Mall Paskal 23 lantai 3, Kota Bandung. Analisis data secara kualitatif penulis gunakan untuk menjelaskan hasil jawaban pada kuesioner terhadap tingkat kinerja setiap variabel. Uji regresi linear berganda penulis lakukan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen (price dan food quality) terhadap variabel dependen (niat beli ulang). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis melihat bahwa seluruh variabel yang digunakan valid dan reliabel. Dari permasalahan yang didapat, penulis pun memberikan beberapa saran kepada pihak manajemen Dear Butter dimana hal ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan niat beli ulang konsumen.