Pengaruh customer perceived value terhadap customer loyalty PT. Matahari Department Store, Tbk. : peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi : studi kasus PT. Matahari Department Store, Tbk. Kota Semarang

Show simple item record

dc.contributor.author Handoyo, Faustinus Jeffry Putra
dc.date.accessioned 2023-07-21T07:11:27Z
dc.date.available 2023-07-21T07:11:27Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43068
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15545
dc.description 24762 - FE en_US
dc.description.abstract Sektor ritel merupakan salah satu sektor yang sangat penting bagi ekonomi Indonesia karena ritel menyerap banyak tenaga kerja dan mendorong sisi konsumsi masyarakat. Salah satu peritel yang terkenal adalah Matahari Department store yang memiliki banyak gerai di Indonesia. Sejak tahun 2018 pertumbuhan penjualan Matahari Department store cenderung menurun, apalagi adanya pandemic Covid-19 semakin membuat peritel mengalami penurunan penjualan karena mobilitas yang terbatas. Penurunan penjualan yang dialami Matahari Department store terjadi saat jumlah pelanggannya masih terus meningkat sehingga perlu dicari penyebab pelanggan tidak loyal untuk berbelanja di Matahari Department store Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh customer perceived value terhadap customer loyalty dan menguji peran customer satisfaction sebagai variabel mediasinya. Penelitian menggunakan 100 responden dari Matahari Department store di kota Semarang yang diambil dengan non probability sampling karena responden harus pernah melakukan pembelian sebelumnya di Matahari Department store dan pernah membeli produk di Matahari Department store selama tiga bulan terakhir. Kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan Smart PLS untuk menjawab rumusan masalah penelitian dan menguji hipotesis. Hasil pengujian menunjukan customer perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap customer loyalty, customer perceived value berpengaruh positif signifikan terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap customer loyalty dan customer satisfaction mampu memediasi pengaruh customer perceived value terhadap customer loyalty pelanggan Matahari Department store. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Matahari Department store en_US
dc.subject Customer perceived Value en_US
dc.subject Customer Satisfaction en_US
dc.subject Customer loyalty en_US
dc.title Pengaruh customer perceived value terhadap customer loyalty PT. Matahari Department Store, Tbk. : peran customer satisfaction sebagai variabel mediasi : studi kasus PT. Matahari Department Store, Tbk. Kota Semarang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801002
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account