dc.description.abstract |
Bisnis keluarga didirikan dan dijalankan oleh anggota keluarga serta berharap dapat berkelanjutan oleh generasi berikutnya. Namun, studi global terhadap 122.000 mahasiswa di 1.000 universitas di 50 negara menunjukkan bahwa hanya 2.7 persen mahasiswa yang melanjutkan bisnis keluarganya. Hal ini didukung
penelitian awal yang dilakukan penulis terhadap 13 responden menunjukkan 6 diantaranya masih ragu-ragu untuk melanjutkan bisnis keluarga dengan 1 responden menolak. Dengan alasan itu, penulis ingin meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi minat responden melanjutkan bisnis keluarga. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap minat melanjutkan bisnis keluarga di Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini sejumlah 45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh positif
terhadap minat calon suksesor untuk melanjutkan bisnis keluarga. Dari keempat dimensi dukungan orang tua, dimensi career-related modeling menjadi dimensi paling berpengaruh. Saran bagi orang tua adalah rencanakan suksesi sejak dini dan beri dukungan penuh jika anak memutuskan ingin melanjutkan bisnis keluarga. Saran bagi penulis adalah mendapatkan sampel data secara acak guna
menggambarkan populasi secara lebih baik. |
en_US |