Penggunaan e-commerce dalam rangka kerbertahanan bisnis di masa pandemi : kasus pada Toko Sepatu Sembilan Satu di Majalaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gomulia, Budiana
dc.contributor.author Artajaya, Calvin
dc.date.accessioned 2023-07-20T03:26:15Z
dc.date.available 2023-07-20T03:26:15Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43055
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15531
dc.description 24749 - FE en_US
dc.description.abstract Di masa Pandemic Covid-19 rata-rata penjualan UMKM menurun 63,9%. Salah satu faktor penyebabnya UMKM belum menyesuaikan dengan perilaku konsumen yang berubah. Pemanfaatan e-commerce ditawarkan menjadi solusi untuk menghadapi penurunan penjualan yang terjadi. Toko Sepatu Sembilan Satu merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada usaha fashion seperti pakaian dan sepatu. Selama masa pandemic Covid-19 Toko Sembilan Satu mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Untuk mengatasi hal tersebut Toko Sepatu Sembilan Satu mulai melakukan e-commerce pada tahun 2021. Penggunaan analisis SWOT membantu Toko Sembilan Satu untuk merumuskan strategi penggunaan e-commerce agar tepat dan terarah. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan pengumpulan laporan perusahaan. Pengisian SWOT dilakukan bersama pemilik dan pekerja. Strategi diputuskan oleh pemilik. Penjualan offline Toko Sembilan Satu pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 65% dibandingkan tahun 2019 yang disebabkan adanya pandemic Covid-19. Penerapan e-commerce pada tahun 2021 berhasil menahan penurunan penjualan dari 58% menjadi 27% jika dibandingkan dengan tahun 2020. Kontribusi penjualan online terus meningkat pada tahun 2022 dilihat dari rata-rata penjualan per bulan yang meningkat sebesar 22%. Jumlah karyawan sebanyak 8 orang tetap dipertahankan dan diberi tugas tambahan untuk melayani konsumen yang online.. Dengan demikian, penggunaan e-commerce di toko Sembilan Satu dapat menjadi langkah untuk bertahan. Hal ini didukung dengan menerapkan beberapa strategi seperti membuat SOP untuk e-commerce serta mau beradaptasi terhadap perubahan permintaan dan preferensi pelanggan mengenai produk. Pelatihan karyawan berkaitan dengan penggunaan e-commerce menjadi upaya yang relevan dalam rangka kebertahanan usaha. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject E-commerce en_US
dc.subject Kebertahanan Bisnis en_US
dc.subject Pengembangan Karyawan en_US
dc.title Penggunaan e-commerce dalam rangka kerbertahanan bisnis di masa pandemi : kasus pada Toko Sepatu Sembilan Satu di Majalaya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120158
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412046302
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account