Identifikasi kebutuhan soft skill dan implementasinya dalam kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wimala, Mia
dc.contributor.author Venandra, Juan Stanley
dc.date.accessioned 2023-07-07T06:43:36Z
dc.date.available 2023-07-07T06:43:36Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41879
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15441
dc.description 6602 - FTS en_US
dc.description.abstract Industri konstruksi di Indonesia merupakan salah satu sektor industri berpengaruh yang sedang berkembang secara masif. Hal tersebut berdampak pada dibutuhkannya sejumlah tenaga ahli konstruksi yang berkompeten untuk mengusung pembangunan di negeri ini. Selain hard skill, salah satu dari kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh para tenaga ahli konstruksi adalah soft skill. Soft skill merupakan kemampuan intrapersonal non-teknis yang dipengaruhi oleh lingkungan hidup seseorang. Sebagai penghasil lulusan, sebuah perguruan tinggi mempunyai andil besar dalam melatih soft skill para calon lulusan yang akan masuk ke dunia konstruksi profesional. Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan soft skill dari industri konstruksi profesional, secara spesifik dari bidang profesi kontraktor dan konsultan perencana. Kemudian, kurikulum eksisting di dalam teknik sipil Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) akan diidentifikasi untuk mengetahui keadaan dan capaian pembelajaran soft skillnya. Setelah diketahui kebutuhan soft skill dari industri konstruksi profesional, maka dapat ditentukan program implementasi soft skill yang tepat untuk kurikulum teknik sipil UNPAR. Data yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Data sekunder didapat melalui studi pustaka. Metode kuantitatif dilakukan melalui pembuatan kuesioner berbasis Skala Likert. Metode kualitatif dilakukan melalui proses wawancara. Informasi yang didapat dari kedua metode pengumpulan data ini akan dirangkum dan dianalisis hingga didapat hasil berupa program implementasi soft skill. Pembahasan dari data yang telah dikumpulkan dilakukan melalui dua metode. Pengumpulan data kuesioner dianalisis menggunakan Relative Important Index (RII), dan pengumpulan data wawancara dianalisis menggunakan metode koding dua siklus. Kebutuhan soft skill dari industri konstruksi yang meliputi kerjasama, kepemimpinan, berpikir praktis, dan kreativitas. Terdapat beberapa rekomendasi pendekatan yang diberikan untuk meningkatkan program eksisting. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Industri Konstruksi en_US
dc.subject Soft Skill en_US
dc.subject Kurikulum Teknik Sipil en_US
dc.title Identifikasi kebutuhan soft skill dan implementasinya dalam kurikulum Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017410108
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412017609
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account