Abstract:
Judul penelitian ini adalah “Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Puskesmas Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta mendeskripsikan tingkat kepuasan pengguna layanan kesehatan di Puskesmas Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara. Model pengukuran Patient Satisfaction Quetionnaire (PSQ) beserta dimensi kepuasan pasien yang dikemukakan oleh John E. Ware yang diantaranya Interpersonal Manner, Technical Quality, Accessibility, Finance, Continuity, dan Availability digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan kesehatan di Puskesmas Pasirkaliki.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan non-eksperimental. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode survey dengan menggunakan pertanyaan tertutup yang disebarkan kepada 152 pasien yang sedang menggunakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pasirkaliki dan dianalisis berdasarkan analisis statistik deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna layanan kesehatan di Puskesmas Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara dengan menggunakan instrumen pengukuran PSQ termasuk dalam kategori kepuasan tinggi. Hal ini menunjukan bahwa dengan mengunakan instrumen yang berbeda dengan peneliti terdahulu dalam mengukur kepuasan terhadap pelayanan publik hasilnya sama serta menunjukan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara telah memenuhi atau setara dengan harapan pasien.