Abstract:
Pada zaman yang serba maju dan praktis, masyarakat umumnya lebih memilih
untuk tinggal di hunian seperti apartemen yang melambangkan kepraktisan, kenyamanan,
dan ruang lingkup yang eksklusif. Apartemen The Jarrdin merupakan apartemen yang
terletak di Jalan Cihampelas. Pada awalnya Apartemen The Jarrdin direncanakan memiliki
21 lantai, namun pada pembangunan pengembang merubah menjadi 22 lantai termasuk
lobby dengan ketinggian yang sama. Fasilitas di dalam Apartemen The Jarrdin pun mudah
untuk dimasuki oleh non-penghuni dikarenakan keberadaan Apartemen The Jarrdin yang
berada di tengah penduduk Cihampelas tanpa adanya pembatas berupa dinding yang
membatasi kawasan The Jarrdin dengan kawasan penduduk Cihampelas. Fasilitas di
Apartemen The Jarrdin yang dikaji yaitu drop off, area tunggu, kolam renang beserta ruang
bilas, pertokoan, lift, tangga, koridor lantai hunian, dan basement. Kenyamanan sendiri
bersifat subjektif yang berarti masing masing individu pengguna memiliki pendapat yang
berbeda-beda tentang kondisi fisik, adaptasi terhadap lingkungan dan lingkungan
sekitarnya. Sehingga dengan isu tersebut timbul pertanyaan bagaimana tingkat
terganggunya aspek kenyaman penghuni terhadap fasilitas-fasilitas di Apartemen The
Jarrdin.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara
mendeskripsikan keadaan Apartemen The jarrdin dan fasilitas di dalamnya. Data
dikumpulkan dengan cara observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan kuisioner. Analisa
yang dikaitkan dengan aspek kenyamanan terhadap fasilitas-fasilitas di Apartemen The
Jarrdin. Data dikeompokan menjadi 5 bagian pada masing-masing fasilitas yang menjadi
poin pembahasan kenyamanan dikaitkan dengan teori aspek-aspek kenyamanan menurut
praktisi perancangan ruang public dan lansekap Rustam Hakim.
Hasilnya adalah analisa kenyamanan penghuni terhadap fasilitas-fasilitas di
Apartemen The Jarrdin yang ditemukan kekurangannya dalam masing-masing fasilitas
bahwa masih belum memenuhi kenyamanan berdasarkan kenyamanan sirkulasi dan
kebsiingan, kenyamanan daya/iklim, kenyamanan aroma bau-bauan dan kebersihan,
kenyamanan keamanan dan penerangan, dan kenyamanan bentuk dan keindahan.
Berdasarkan dari hasil persepsi penghuni pun cukup tidak puas pada keseluruhan karena
setiap karakter tidak ada yang mencapai 50%. Sehingga menyebabkan ketidaknyamanan
dalam fasilitas-fasilitas di Apartemen The Jarrdin menurut penghuni.