Analisis pemanfaatan brand ambassador pada program Wonderful Indonesia untuk meningkatkan citra negara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Ayudhawara, Stella Nostra Galuh
dc.date.accessioned 2023-04-12T08:11:53Z
dc.date.available 2023-04-12T08:11:53Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41135
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14880
dc.description 9622 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pemanfaatan brand ambassador sebagai salah satu strategi pemasaran pada sektor pariwisata diproyeksikan mampu mendongkrak brand Wonderful Indonesia. Dengan ini, Kemenpar RI secara konsisten menggunakan brand ambassador untuk mendukung upaya nation branding. Namun, terdapat sejumlah kritik terkait efektivitas dan akuntabilitas dari brand ambassador. Banyak yang menilai bahwa kinerja brand ambassador tidak dapat diukur tingkat keberhasilannya untuk mendongkrak citra negara, terlebih alokasi anggaran untuk strategi pemasaran terhitung sangat besar. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini diangkat berlandaskan pada pertanyaan, “Bagaimana brand ambassador berperan sebagai instrumen pendukung promosi Wonderful Indonesia untuk meningkatkan citra negara?” Kemudian, untuk menjawab pertanyaan yang bersangkutan, penelitian dianalisis menggunakan metode kualitatif yang diiringi dengan konsep diplomasi publik, nation branding, dan marketing mix. Penelitian ini menemukan bahwa pariwisata ditetapkan oleh Kemenpar RI sebagai objek utama untuk melakukan promosi melalui praktik diplomasi publik. Kemudian, brand Wonderful Indonesia ditetapkan untuk mengakomodasi beragam potensi kepariwisataan untuk menciptakan citra yang positif. Sejalan dengan konsep nation branding, Wonderful Indonesia merupakan komponen dari diplomasi publik Indonesia di lingkup internasional. Selain itu, sesuai dengan konsep marketing mix, hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador—yang terdiri dari Putri Pariwisata Indonesia dan berbagai perusahaan yang telah co-branding—mampu mempromosikan dan mengkomunikasikan kekayaan pesona alam, keberagaman budaya bangsa, dan nilai luhur masyarakat melalui direct marketing, personal selling, advertising, dan publishing di berbagai platform dengan harga yang bervariasi. Sebagai pelengkap, penggunaan brand ambassador di dalam Wonderful Indonesia telah bergerak melampaui peran negara, yang pada dasarnya merupakan perantara antarentitas politik. Hubungan internasional kini tidak lagi terbatas pada negara sebagai aktor rasional dan utama, melainkan mampu melibatkan perusahaan dan individu untuk mencapai kepentingan nasional. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Kementerian Pariwisata en_US
dc.subject Wonderful Indonesia en_US
dc.subject brand ambassador en_US
dc.subject diplomasi publik en_US
dc.subject nation branding en_US
dc.subject marketing mix. en_US
dc.title Analisis pemanfaatan brand ambassador pada program Wonderful Indonesia untuk meningkatkan citra negara en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017330197
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account