Pemanfaatan Film Aruna dan lidahnya sebagai upaya Indonesia dalam membangun citra kuliner negara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Pane, Edenise Kristauli
dc.date.accessioned 2023-04-12T03:55:54Z
dc.date.available 2023-04-12T03:55:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41128
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14872
dc.description 9615 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam memanfaatkan film untuk membangun citra kuliner negara yang positif di mata masyarakat internasional. Namun, pengetahuan masyarakat internasional terhadap kuliner tradisional Indonesia masih terbatas, sehingga kerap menimbulkan masalah. Meninjau dari fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah, “Bagaimana upaya Indonesia memanfaatkan film Aruna dan Lidahnya untuk membangun citra kuliner negara?” Dalam rangka menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan konsep soft power, budaya populer, dan nation branding – beserta dengan tiga fondasi yang muncul di dalamnya yaitu brand identity (identitas merek), brand image (citra merek), dan brand positioning (memposisikan merek) – untuk menganalisis inisiatif pemerintah Indonesia yang muncul dalam film Aruna dan Lidahnya. Metode penelitian analisis isi kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan untuk menganalisis upaya promosi kuliner yang muncul dalam film Aruna dan Lidahnya serta relevansinya membangun citra positif kuliner Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa film Aruna dan Lidahnya berguna untuk menyampaikan nilai-nilai, ide, dan identitas bangsa Indonesia. Hal ini ditinjau melalui usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan perusahaan produksi film (Palari Films) yang memanfaatkan film tersebut sebagai aset nation branding dengan memunculkan upaya-upaya nation branding dalam film, yaitu brand identity yang menekankan pada elemen identitas nasional, brand image sebagai penekanan terhadap kesan umum dan representasi mental dari identitas nasional, dan brand positioning sebagai penekanan terhadap perbaikan kedudukan identitas nasional di mata masyarakat internasional. Melalui strategi tersebut, pemerintah dapat membangun citra kuliner Indonesia yang lebih positif di mata masyarakat internasional yang didukung dengan penayangan film Aruna dan Lidahnya pada festival film Berlinale. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif en_US
dc.subject citra kuliner en_US
dc.subject nation branding en_US
dc.subject analisis isi konten en_US
dc.subject Aruna dan Lidahnya. en_US
dc.title Pemanfaatan Film Aruna dan lidahnya sebagai upaya Indonesia dalam membangun citra kuliner negara en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017330221
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account