Pengaruh asimetri informasi, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba : studi pada perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muliawati
dc.contributor.author Dharsono, Sallyvian Lee
dc.date.accessioned 2023-04-11T03:29:46Z
dc.date.available 2023-04-11T03:29:46Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42891
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14841
dc.description 24716 - FE en_US
dc.description.abstract Laporan keuangan merupakan sarana utama perusahaan untuk mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak eksternal. Shareholder menjadikan informasi laba sebagai fokus untuk menilai kinerja manajemen dalam pembuatan keputusan investasi. Hal ini mendorong manajemen untuk menjadikan laba sebagai target manipulasi untuk memenuhi harapan stakeholder. Manajemen laba merupakan tindakan memanipulasi angka-angka dalam laporan keuangan terutama pada laba yang dilakukan secara sengaja oleh manajemen agar dapat memenuhi harapan dari pengguna laporan keuangan. Praktik manajemen laba yang berlebihan dapat mengurangi keandalan laporan keuangan perusahaan. Oleh karena itu, perlu diteliti faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi manajemen dalam melakukan manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Asimetri informasi akan mendorong manajemen memanfaatkan informasi internal untuk melakukan manipulasi jumlah dalam laporan keuangan, terutama pada jumlah laba yang membuat laporan keuangan tidak mencerminkan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Perusahaan yang memiliki leverage tinggi, dimana pendanaan operasi perusahaan lebih banyak berasal dari utang, mempunyai kecenderungan melakukan praktik manajemen laba. Kondisi dimana perusahaan tidak dapat menghasilkan laba yang cukup untuk melunasi pinjaman akan berusaha memanfaatkan fleksibilitas pada standar akuntansi untuk menghindari pelanggaran debt covenant. Ketika perusahaan melaporkan laba lebih besar melampaui harapan investor, harga saham perusahaan dapat mengalami kenaikan, namun menyebabkan biaya politik juga meningkat. Manajemen akan melakukan praktik manajemen laba dengan menurunkan laba pada laporan keuangan yang bertujuan untuk memenuhi harapan investor dan meminimalisir perhatian politis. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan menghasilkan 44 perusahaan sebagai sampel penelitian yang memenuhi kriteria. Data pada penelitian ini adalah data sekunder diambil dari situs resmi BEI, situs resmi Yahoo Finance, situs resmi perusahaan, jurnal-jurnal referensi, dan buku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengolahan data dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan asimetri informasi dan profitabilitas tidak dapat dinyatakan berpengaruh terhadap manajemen laba. Secara keseluruhan, asimetri informasi, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba di perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020. Manajemen dapat memperhatikan tingkat keakuratan pelaporan laporan keuangan. Investor dan kreditor dapat mencari informasi lebih mengenai perusahaan, selain dari laporan keuangan yang disediakan oleh perusahaan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan variabel independent, meneliti industri lainnya, dan menambahkan periode waktu penelitian yang lebih panjang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject asimetri informasi en_US
dc.subject Bursa Efek Indonesia en_US
dc.subject leverage en_US
dc.subject manajemen laba en_US
dc.subject profitabilitas en_US
dc.subject sektor consumer non-cyclical. en_US
dc.title Pengaruh asimetri informasi, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba : studi pada perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801181
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427017301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account