Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan pada CV. Gaya Baru

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kosasih, Elsje
dc.contributor.author Phiony, Tiffanie Metta
dc.date.accessioned 2023-04-05T02:11:34Z
dc.date.available 2023-04-05T02:11:34Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42861
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14805
dc.description 24686 - FE en_US
dc.description.abstract Sektor distribusi berperan penting dalam penyaluran produk yang dimiliki produsen kepada pelanggan. Individu atau badan yang melakukan pendistribusian disebut dengan distributor. Distributor dapat dijadikan sebagai perantara dalam menghubungkan antara produsen dengan pedagang, pedagang dengan pedagang, maupun pedagang dengan konsumen akhir. Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi memiliki tujuan akhir yang sama dengan perusahaan di bidang lain, yaitu memperoleh laba dengan cara melakukan aktivitas penjualan. Dalam menjalankan aktivitas penjualan, terkadang perusahaan mengalami kendala sehingga penjualan menjadi kurang efektif. Maka dari itu, diperlukannya aktivitas pengendalian agar penjualan menjadi efektif. Penjualan yang efektif dapat berdampak pada peningkatan performa penjualan, di mana hal tersebut juga akan mempengaruhi laba yang diperoleh. Efektivitas siklus penjualan dapat terjadi ketika perusahaan dapat menyediakan produk yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan harga yang tepat. Oleh karena itu, diperlukannya aktivitas pengendalian. Aktivitas pengendalian merupakan kebijakan, prosedur, dan aturan yang memberikan keyakinan yang memadai bahwa tujuan pengendalian terpenuhi dan respons risiko telah dilaksanakan. COSO Enterprise Risk Management (COSO ERM) framework dapat digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan aktivitas pengendalian untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi pada siklus penjualan. Terdapat tujuh aktivitas pengendalian yang perlu diperhatikan pada COSO ERM framework, yaitu proper authorization of transactions and activities; segregation of duties; project development and acquisition controls; change management controls; design and use of documents and records; safeguarding assets, records, and data; dan independent checks on performance. Dengan menerapkan kebijakan, prosedur, dan standar yang tepat, maka perusahaan dapat mengurangi risiko yang terjadi pada aktivitas penjualan, sehingga efektivitas pada siklus penjualan akan dapat meningkat. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dari penelitian ini didapatkan dari melakukan wawancara dan observasi langung ke tempat penelitian. Data sekunder diperoleh dari sumber yang telah disediakan oleh perusahaan, yaitu berupa dokumen yang berkaitan dengan aktivitas siklus penjualan, selain mempelajari buku-buku dan jurnal. Objek penelitian ini adalah aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan, dengan unit penelitiannya adalah CV Gaya Baru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa CV Gaya Baru aktivitas pengendalian yang dilakukan sudah cukup memadai. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan dari aktivitas pengendalian yang perlu diperbaiki. Dari penelitian yang dilakukan, terdapat bagian yang melakukan beberapa fungsi secara bersamaan, terutama pada aktivitas penagihan dan penerimaan pembayaran. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan melakukan pemisahan antara fungsi pencatat, pengotorisasian, dan penyimpanan. Dokumen yang digunakan dalam siklus penjualan juga masih kurang memadai. Terdapat penggunaan dokumen yang kurang tepat. Selain itu, perusahaan juga belum membuat dokumen sales order dan surat jalan. Pengamanan terhadap dokumen yang dihasilkan dari siklus penjualan masih kurang memadai. Laporan pengambilan barang dan kuitansi tidak diarsip oleh pihak perusahaan, sehingga tidak terdapat pengamanan pada dokumen tersebut. Pemeriksaan independen atas kinerja karyawan juga perlu dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi apakah terdapat penurunan kinerja yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa perusahaan belum melakukan pengembangan atas sistem yang dimilikinya, sehingga aktivitas pengendalian project development and acquisition controls dan change management controls tidak dievaluasi pada penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Aktivitas Pengendalian en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Siklus Penjualan. en_US
dc.title Peranan aktivitas pengendalian dalam meningkatkan efektivitas siklus penjualan pada CV. Gaya Baru en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801058
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8909220021
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account