Pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap praktik perataan laba : studi kasus pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muliawati
dc.contributor.author Ferkim, Nathasia
dc.date.accessioned 2023-04-04T09:29:59Z
dc.date.available 2023-04-04T09:29:59Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42856
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14800
dc.description 24681 - FE en_US
dc.description.abstract Setiap perusahaan membutuhkan pendanaan untuk membiayai kegiatan bisnis agar dapat terus berjalan, salah satunya berasal dari pihak eksternal. Pihak eksternal merupakan pihak yang berasal dari luar perusahaan dan bertujuan untuk mendapatkan pengembalian seperti investor. Sebelum mengambil keputusan pemberian pendanaan, pihak eksternal akan mempertimbangkan berbagai faktor seperti misalnya kinerja keuangan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menampilkan kinerja terbaiknya untuk menarik para pihak eksternal. Dengan demikian, perusahaan akan terdorong untuk melakukan praktik perataan laba. Perataan laba merupakan suatu tindakan yang dilakukan perusahaan dengan menaikkan dan menurunkan laba untuk mengurangi fluktuasi laba. Hal ini dikarenakan risiko yang dihadapi oleh pihak eksternal akan berkurang ketika nilai laba perusahaan stabil sehingga tingkat kepercayaan pihak eksternal akan meningkat. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perusahaan untuk melakukan perataan laba adalah profitabilitas dan leverage. Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Tingkat keyakinan pihak eksternal akan meningkat ketika perusahaan memiliki profitabilitas yang stabil karena kinerja keuangan perusahaan akan dianggap baik. Dengan demikian, perusahaan akan berusaha untuk menghindari fluktuasi laba yang besar antar periode dengan melakukan perataan laba. Leverage menunjukkan komposisi pendanaan perusahaan yang berasal dari utang. Semakin besar nilai leverage, maka menunjukkan semakin besar utang perusahaan. Jika nilai leverage perusahaan tinggi maka akan meningkatkan risiko karena biaya tetap yang perlu dibayarkan oleh perusahaan akan semakin besar sehingga pihak eksternal akan meminta laba yang stabil. Kondisi ini akan mendorong perusahaan untuk melakukan perataan laba agar dapat menarik para pihak eksternal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 30 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang dapat diakses melalui website BEI serta jurnal referensi dan buku literatur. Teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Pengolahan dan analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel profitabilitas dan leverage dapat dibuktikan berpengaruh terhadap praktik perataan laba perusahaan. Profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap praktik perataan laba, semakin besar profitabilitas perusahaan maka perusahaan akan cenderung melakukan praktik perataan laba. Leverage memiliki pengaruh negatif terhadap praktik perataan laba, semakin besar nilai leverage maka perusahaan akan cenderung melakukan praktik perataan laba. Secara simultan, profitabilitas dan leverage dapat dibuktikan berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Saran dari peneliti diharapkan agar investor lebih hati-hati dalam proses pemberian pendanaan. Selain itu, peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat menambah jumlah sampel data dan jumlah variabel yang digunakan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject profitabilitas en_US
dc.subject leverage en_US
dc.subject perataan laba en_US
dc.subject perusahaan sektor barang konsumen primer en_US
dc.title Pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap praktik perataan laba : studi kasus pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801041
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427017301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account