Analisis perkembangan kinerja keuangan dengan dilakukannya ekspansi pada PT. Martina Berto, Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Hartono, Audrey Nathania
dc.date.accessioned 2023-03-15T03:04:33Z
dc.date.available 2023-03-15T03:04:33Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42802
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14615
dc.description 24627 - FE en_US
dc.description.abstract Pertumbuhan kosmetika di Indonesia semakin meningkat, hal ini menciptakan sebuah tren baru dimana kosmetika terutama skincare dibutuhkan banyak orang dan Indonesia menjadi salah satu pasar industri kosmetik yang sangat cepat. Perubahan tren dalam industri kecantikan ini, tidak sejalan dengan ekspansi dan investasi MBTO yang lebih condong kepada kategori tata rias dan personal care. Hal ini membuat kinerja keuangan terutama penjualan perusahaan mulai menurun. MBTO berupaya untuk mengatasi perubahan trend dengan berbagai strategi. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis perkembangan kinerja keuangan dengan dilakukannya ekspansi pada PT. Martina Berto Tbk.” Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode basic research serta pengambilan data dan pendekatan longitudinal studies dimana penelitian dilakukan pada periode waktu tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa ekspansi dan investasi yang dilakukan oleh perusahan kepada produk tata rias dan personal care tidak berdampak baik pada penjualan perusahaan dan mengakibatkan penurunan kinerja perusahaan. Penurunan kinerja ini mengakibatkan perusahaan harus melakukan revaluasi aset pada tahun 2020. Penjualan bersih perusahaan mengalami penurunan serta perusahaan mendapatkan kerugian yang besar. Neraca dan Laba rugi perusahaan menunjukan tren yang menurun sejak tahun 2016 hingga 2020. Kegiatan operasi perusahaan tidak berjalan baik karena sebagian kegiatan operasi dan investasi dibiayai oleh hutang. Penurunan kinerja ini diperkuat dengan hasil perhitungan rasio keuangan dimana perusahaan semakin tidak likuid, perusahaan tidak solvable, dan profit yang didapatkan oleh perusahaan berkurang dan perusahaan. Dari hasil penelitian tersebut, perusahaan disarankan untuk melakukan ekspansi ke dalam kategori skincare dan melakukan inovasi produk untuk mengatasi penurunan daya beli. Perusahaan juga sebaiknya dapat mengelola kegiatan pemasaran agar tepat sasaran sehingga pemasaran perusahaan efektif dan biaya dapat ditekan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Industri kosmetik en_US
dc.subject strategi ekspansi en_US
dc.subject kinerja keuangan en_US
dc.title Analisis perkembangan kinerja keuangan dengan dilakukannya ekspansi pada PT. Martina Berto, Tbk. en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801104
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account