dc.description.abstract |
Budaya organisasi merupakan sekumpulan asumsi, perilaku, nilai
yang digunakan anggota organisasi dalam memecahkan masalah dan merespon
lingkungannya. Budaya organisasi yang kuat tentu harus selaras dengan elemen –
elemen organisasi lainnya seperti struktur, sistem, strategi, gaya kepemimpinan,
staf, dan skill. Keselarasan elemen – elemen tersebut akan mendorong perusahaan
mencapai efektivitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi saat ini,
budaya organisasi yang diharapkan, serta keselarasan budaya organisasi dengan
elemen – elemen organisasi lainnya.
Penelitian ini mengambil 42 orang karyawan tetap PD Karya Mitra
Usaha sebagai objek penelitian. data diambil melalui studi literatur, wawancara,
dan kuesioner. Penelitian ini memakai kuesioner Organizational Culture
Assessment Instrument (OCAI) sebagai alat untuk mengukur budaya organisasi.
Sedangkan wawancara dibuat berdasarkan Mckinsey 7s Model sebagai panduan.
Hasil penelitian menunjukan budaya clan (31.92) sebagai budaya
organisasi dominan saat ini. Perusahaan ini memiliki budaya clan (30,08) sebagai
budaya yang diharapkan. Dinamika budaya dan dimensinya menjadi hal yang
menarik dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, perusahaan ini memiliki
keselarasan antar elemen, namun ada elemen yang belum sesuai. |
en_US |