Perancangan sales promotion untuk meningkatkan revenue JK Toys and Kids

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.advisor Gunawan, Ronny
dc.contributor.author Kurniawan W., Jessica
dc.date.accessioned 2023-03-14T04:44:57Z
dc.date.available 2023-03-14T04:44:57Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42763
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14608
dc.description 24588 - FE en_US
dc.description.abstract Anak-anak memiliki umur emas untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Selain makanan bergizi, orang tua dapat memberikan mainan sebagai media untuk melatih motorik dan sensorik anak. Disisi lain, perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat bisnis perlu beradaptasi agar dapat bersaing dengan kompetitor. Teknologi dapat membuat penjual dan pembeli bertransaksi dan berkomunikasi dengan sangat mudah. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk bertransaksi adalah marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan sebagainya. Masyarakat Indonesia telah terbiasa menggunakan marketplace untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi dengan adanya pandemi COVID 19 pada tahun 2020, membuat masyarakat dipaksa untuk melakukan transaksi secara online. Dalam tiga tahun terakhir, yaitu tahun 2018-2020, terdapat peningkatan penjualan mainan di marketplace. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengembangkan bisnis mainan yang telah dijalankan sejak tahun 2020 di Tokopedia dan Shopee yang bernama JK Toys and Kids. Penelitian ini bertujuan untuk merancangkan strategi sales promotion yang tepat guna meningkatkan revenue di marketplace. Penulis menganalisis performa JK Toys and Kids di Tokopedia dan Shopee Bulan Agustus 2020 – Mei 2021 dan lingkungan bisnis yang ada untuk membuat strategi uji pasar Bulan Juni 2021. Uji pasar yang dilakukan adalah menguji coba teknik promosi di Tokopedia dan Shopee dengan menggunakan berbagai sales promotion, seperti diskon produk, voucher, flash sale, dan sebagainya. Hasil dari uji coba ini yang peningkatan penjualannya paling optimal adalah saat jumlah produk yang terdiskon banyak dan durasi waktu diskon yang cepat. Selain itu, penggunaan iklan dapat meningkatkan traffic toko, baik di Tokopedia maupun Shopee. Strategi sales promotion kedepannya adalah dengan mencoba kembali berbagai macam promosi tersebut dengan proporsi diskon dan jumlah produk yang berbeda, mengoptimalkan fitur-fitur di marketplace, mengoptimalkan penggunaan media sosial, dan membuat website. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject mainan en_US
dc.subject penjualan en_US
dc.subject marketplace en_US
dc.subject sales promotion en_US
dc.subject revenue en_US
dc.title Perancangan sales promotion untuk meningkatkan revenue JK Toys and Kids en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120050
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account