dc.description.abstract |
Bermain mobile game merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh
seseorang ketika sedang memiliki waktu luang. Salah satu genre yang banyak
digemari saat ini adalah battle royal. Adapun game dengan genre tersebut yang
sedang banyak dimainkan saat ini adalah PUBG mobile dan dilanjutkan oleh Free
Fire. Dari jumlah user active (pengguna aktif), Free Fire belum dapat menyaingi
PUBG mobile. Dengan genre dan gameplay yang sama, kedua permainan tersebut
juga tentu memiliki atribut produk yang hampir sama. Apabila ingin menarik lebih
banyak lagi jumlah pengguna Free Fire, perlu diketahui apakah terdapat perbedaan
atribut-atribut produk yang mampu memudahkan dan menarik perhatian player
(pemain) dalam kedua permainan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen tentang
atribut produk terhadap niat pakai pada game Free Fire dan PUBG mobile. Metode
dalam penelitian ini adalah deskriptif dan explanatory research. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 202 orang yang pernah bermain game Free Fire dan PUBG
mobile. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner
dan observasi. Data dalam penelitian ini diolah dan dianalisis dengan metode
deskriptif dan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil dari analisis regresi linear sederhana untuk kedua objek penelitian
adalah terdapat pengaruh positif antara variabel atribut produk (X) terhadap
variabel niat pakai (Y). Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi
pada atribut produk Free Fire lebih rendah dibandingkan dengan PUBG mobile,
niat pakai Free Fire cenderung sedang (tidak tinggi dan tidak rendah), serta niat
pakai PUBG mobile cenderung tinggi. |
en_US |