dc.description.abstract |
Terjadinya masa pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan permintaan di beberapa
industri seperti industri pariwisata, industri penerbangan dan industri manufaktur, tetapi
salah satu industri yang tetap beroperasi bahkan mengalami kenaikan permintaan di masa
pandemi ialah industri kosmetik. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Kartasasmita
(2021) yang menyatakan bahwa, tingginya pengguna kosmetik di tanah air dan aktivitas
belanja secara online yang semakin meningkat membuat industri kosmetik tetap tumbuh
pesat dan berkembang di tengah pandemi COVID-19 yaitu mencapai 9,39% pada tahun
2020. Pada portal berita kompas.com, Sarah (2020) menyatakan bahwa industri kosmetik
dapat bertahan pada masa pandemi salah satu alasannya ialah karena adanya kehadiran
Influencer yang memberikan dampak yang baik terhadap industri kosmetik. Hal tersebut
sejalan dengan pernyataan menurut Hariyanti & Wirapraja (2018) bahwa keberhasilan
pemasaran suatu produk melalui media sosial, salah satu faktor yang mendasarinya ialah
penggunaan Influencer dalam mebagikan content marketing.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan ekspalanatori dimana penulis
mengumpulkan data dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 3 set sampel
dengan jumlah 100 orang responden per-set sampel dengan kriteria responden yang pernah
melihat Influencer membagikan content marketing terkait produk kosmetik Wardah,
Maybelline atau Urban Decay di media sosial Instagram selama 6 bulan terakhir. Penelitian
ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan telah melewati berbagai Uji
Statistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kredibilitas Influencer dengan dimensi
Trustworthiness, Expertise dan Attractiveness berpengaruh terhadap Purchase Intention
yaitu sebesar 85,2% pada produk kosmetik Wardah, 72,4% pada produk kosmetik
Maybelline dan 54,9% pada produk Kosmetik Urban Decay. Namun, terdapat perbedaan
dimensi kredibilitas Influencer yang berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen untuk
tiap merek kosmetik, yaitu pada produk kosmetik Wardah, dimensi kredibilitas Influencer
berpengaruh positif ialah trustworthiness, pada produk Maybelline ialah trustworthiness,
expertise dan attractiveness dan pada produk Urban Decay ialah trustworthiness dan
expertise. |
en_US |