Analisis pengaruh kredibilitas influencer di media sosial Instagram terhadap purchase intention pada produk kosmetik : studi kasus pada produk kosmetik Wardah, Maybelline, dan Urban Decay

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Sinaga, Agnesia Renyata Jovlin Bukit
dc.date.accessioned 2023-03-14T03:11:12Z
dc.date.available 2023-03-14T03:11:12Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42803
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14601
dc.description 24628 - FE en_US
dc.description.abstract Terjadinya masa pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan permintaan di beberapa industri seperti industri pariwisata, industri penerbangan dan industri manufaktur, tetapi salah satu industri yang tetap beroperasi bahkan mengalami kenaikan permintaan di masa pandemi ialah industri kosmetik. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Kartasasmita (2021) yang menyatakan bahwa, tingginya pengguna kosmetik di tanah air dan aktivitas belanja secara online yang semakin meningkat membuat industri kosmetik tetap tumbuh pesat dan berkembang di tengah pandemi COVID-19 yaitu mencapai 9,39% pada tahun 2020. Pada portal berita kompas.com, Sarah (2020) menyatakan bahwa industri kosmetik dapat bertahan pada masa pandemi salah satu alasannya ialah karena adanya kehadiran Influencer yang memberikan dampak yang baik terhadap industri kosmetik. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan menurut Hariyanti & Wirapraja (2018) bahwa keberhasilan pemasaran suatu produk melalui media sosial, salah satu faktor yang mendasarinya ialah penggunaan Influencer dalam mebagikan content marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan ekspalanatori dimana penulis mengumpulkan data dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 3 set sampel dengan jumlah 100 orang responden per-set sampel dengan kriteria responden yang pernah melihat Influencer membagikan content marketing terkait produk kosmetik Wardah, Maybelline atau Urban Decay di media sosial Instagram selama 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan telah melewati berbagai Uji Statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kredibilitas Influencer dengan dimensi Trustworthiness, Expertise dan Attractiveness berpengaruh terhadap Purchase Intention yaitu sebesar 85,2% pada produk kosmetik Wardah, 72,4% pada produk kosmetik Maybelline dan 54,9% pada produk Kosmetik Urban Decay. Namun, terdapat perbedaan dimensi kredibilitas Influencer yang berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen untuk tiap merek kosmetik, yaitu pada produk kosmetik Wardah, dimensi kredibilitas Influencer berpengaruh positif ialah trustworthiness, pada produk Maybelline ialah trustworthiness, expertise dan attractiveness dan pada produk Urban Decay ialah trustworthiness dan expertise. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Influencer en_US
dc.subject Kredibilitas Influencer en_US
dc.subject Trustworthiness en_US
dc.subject Expertise en_US
dc.subject Attractiveness en_US
dc.title Analisis pengaruh kredibilitas influencer di media sosial Instagram terhadap purchase intention pada produk kosmetik : studi kasus pada produk kosmetik Wardah, Maybelline, dan Urban Decay en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801106
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account