dc.description.abstract |
Kebutuhan primer terdiri dari makanan, minuman, pakaian dan tempat tinggal.
Maka dari itu, setiap individu memerlukan kebutuhan tersebut untuk menunjang
kehidupan, terlebih makanan dan minuman. Maka di dengan berjalannya waktu,
banyak pelaku usaha baru yang menawarkan berbagai macam variasi dari
makanan dan minuman dengan tujuan untuk memenuhi keinginan dari konsumen.
Salah satu usaha dibidang makanan yang terus bermunculan pelaku usaha baru
adalah restoran. Dadar Banjoer merupakan salah satu usaha yang bergerak
dibidang kuliner. Maka dari itu berdasarkan data yang diberikan perusahaan
bahwa target penjualan harian maupun bulanan tidak mencapai target yang telah
ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu untuk mengetahui persepsi dari konsumen,
maka penulis melakukan wawancara dan preliminary research mayoritas
responden tidak ingin melakukan pembelian kembali dikarenakan persepsi atas
place dari Dadar Banjoer yang kurang nyaman serta persepsi atas promotion dari
Dadar Banjoer yang membuat mereka merasa kurang tertarik atas promosi yang
diberikan. Maka dari itu, karena ada nya persepsi yang kurang baik atas place dan
promotion dari Dadar Banjoer dapat menyebabkan rendahnya niat konsumen
untuk melakukan pembelian ulang dari produk Dadar Banjoer.
Maka dengan adanya penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis
serta mengetahui atas pengaruh dari place dan promotion terhadap niat beli ulang
dari Dadar Banjoer. Maka berdasarkan analisis tersebut variabel bebas yang
digunakan adalah place (X1) dan promotion (X2) serta variabel terikatnya adalah
Niat Beli Ulang (Y).
Pada pelaksanaan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode
deskriptif dan eksplanatori. Dalam melakukan pengumpulan data metode yang
digunakan adalah dengan cara observasi dan wawancara awal, studi literatur serta
penyebaran kuesioner kepada 210 responden yang memenuhi kriteria. Metode
yang digunakan dalam penentuan sampel adalah judgement sampling. Kriteria
dalam penentuan responden pada penelitian ini adalah responden mengetahui
dan pernah membeli produk dari Dadar Banjoer. Teknik dari melakukan analisis
data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik serta uji linear
berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini
menunjukan bahwa variabel place (X1) dan promotion (X2) memiliki pengaruh
positif serta signifikan terhadap niat beli ulang (Y). Berdasarkan hasil uji regresi
linear berganda, besaran nilai pengaruh dari variabel place (X1) dan promotion (X2)
Berada pada nilai t hitung > t tabel. Sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa
variabel place (X1) dan promotion (X2) secara individual berpengaruh positif
terhadap niat beli ulang (Y). |
en_US |