Pengaruh persepsi konsumen atas atribut produk terhadap brand preference Alpina Outdoor Sport dan Eiger Adventure

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Kurnia, Mochamad Alem Diamanta
dc.date.accessioned 2023-03-13T03:49:35Z
dc.date.available 2023-03-13T03:49:35Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42781
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14582
dc.description 24606 - FE en_US
dc.description.abstract Alpina Outdoor Sport dan Eiger Adventure merupakan pionir produk outdoor yang ada di Indonesia. Alpina berdiri sejak tahun 1985 dan tidak lama sejak itu lahirlah pasaingnya yaitu Eiger pada tahun 1993. Pada tahun 1990-2000 Alpina sudah menguasai pasar produk outdoor di Indonesia dengan memasarkan produknya ke kotakota besar yang ada di Indonesia. Namun masa kejayaan Alpina tidak lama, hingga saat ini Eiger mampu untuk merebut pasar yang sebelumnya dikuasai Alpina. Berdasarkan hasil preliminary research penulis mendapatkan bahwa 6 dari 10 responden menyatakan bahwa mereka lebih memilih untuk membeli produk outdoor dari Eiger dibandingkan Alpina. Alasan responden lebih memilih Eiger adalah karena mereka merasa produk dari Eiger lebih unggul dari segi product quality, product features dan product style & design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas atribut produk terhadap brand preference Alpina dan Eiger. Variabel independen (X) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel atribut produk yang terdiri dari dimensi product quality, product features dan product style & design. Sedangkan variabel dependen (Y) yang digunakan pada penelitian ini yaitu brand preference. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi literatur, dan kuesioner yang berhasil dikumpulkan sebanyak 120 responden dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden harus berusia 16-60 tahun dan mengetahui produk dari Alpina dan Eiger. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji beda. Dari hasil analisa regresi linear berganda pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel atribut produk (X) secara simultan berpengaruh secara positif terhadap brand preference (Y). Namun hanya terdapat dua dimensi variabel independen yang berpengaruh terdap terhadap variabel dependen secara parsial yaitu product quality sebesar 50% dan product style & design 29,2%. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adjusted R square menunjukkan kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% lainnya merupakan kontribusi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada atribut produk, didapati bahwa Eiger lebih unggul jika dibandingkan dengan Alpina. Penulis memberikan saran kepada Alpina berdasarkan pembahasan dan analisis, responden lebih memilih Eiger. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Alpina Outdoor Sport en_US
dc.subject Eiger Adventure en_US
dc.subject Atribut Produk en_US
dc.subject Brand Preference en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas atribut produk terhadap brand preference Alpina Outdoor Sport dan Eiger Adventure en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120180
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account