Pengaruh e-service quality terhadap niat penggunaan ulang aplikasi layanan kesehatan digital Alodokter

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Ibrahim, Hasan Maulana
dc.date.accessioned 2023-03-10T07:11:44Z
dc.date.available 2023-03-10T07:11:44Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42776
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14576
dc.description 24601 - FE en_US
dc.description.abstract Alodokter merupakan aplikasi layanan kesehatan berbasis digital di Indonesia yang menghubungkan pasien dengan dokter. Aplikasi Alodokter sendiri sudah berdiri sejak 2014. Seiring perjalanan waktu, layanan ini terus berkembang dan menghadirkan fitur-fitur konsultasi. Hingga tahun 2019 sudah ada 20 juta pengguna aktif Alodokter setiap bulannya. Sudah berbagai macam cara yang dilakukan Alodokter untuk meningkatkan e-service quality, tetapi masih saja ada keluhan dari konsumen mengenai e-service quality dari aplikasi layanan kesehatan digital Alodokter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah eservice quality dari Alodokter memiliki pengaruh terhadap niat penggunaan ulang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap niat penggunaan ulang aplikasi layanan kesehatan digital Alodokter. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi literatur dan juga menyebarkan kuisioner kepada 100 responden dimana responden harus sudah pernah menggunakan layanan kesehatan digital dari Alodokter itu sendiri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 4 dimensi dari e-service quality yaitu efficiency, system availability, fulfilment, dan privacy yang terdapat pada Alodokter, 2 dari dimensi tersebut yaitu dimensi efficiency dan fulfilment berpengaruh positif terhadap niat penggunaan ulang sedangkan dimensi system availability dan privacy diketahui berpengaruh negatif terhadap niat penggunaan ulang. Besarnya pengaruh masing masing variabel tersebut terhadap niat penggunaan ulang adalah 38,4% untuk efficiency, 16,9% untuk system availability, 31,2% untuk fulfilment dan 0,2% untuk privacy. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi simultan, tabel adjusted R square menunjukkan kontribusi variabel independent (X) terhadap variabel dependent (Y) sebesar 65,1% dan sisanya 34,9% yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Penulis memberikan saran kepada Alodokter karena berdasarkan analisis, Alodokter masih bisa meningkatkan e-service quality nya sehingga konsumen yang menggunakan Alodokter konsumen lebih memiliki opsi pilihan yang lebih banyak dari segi pilihan obat yang tersedia dan juga dari segi pengiriman produk. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Alodokter en_US
dc.subject E-Service Quality en_US
dc.subject Niat Penggunaan Ulang en_US
dc.title Pengaruh e-service quality terhadap niat penggunaan ulang aplikasi layanan kesehatan digital Alodokter en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120139
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account