Abstract:
Pesatnya perkembangan bisnis di sektor kedai kopi dipicu oleh perubahan gaya hidup
masyarakat khususnya di Kota Bandung sehingga mengakibatkan persaingan yang ketat antar kedai kopi atau
kafe. Dalam menghadapi persaingan bisnis makanan dan minuman di kota Bandung, Kopi NYA O! Fish yang
terletak di jalan Sumber Mekar harus bersaing ketat dengan dua kafe ternama di sekitarnya. Pengamatan awal
menemukan bahwa jumlah pelanggan di Kopi NYA O! Fish tidak sebanyak dua pesaing. Selanjutnya dilakukan
survei pendahuluan terhadap 30 responden untuk mengetahui apa yang diketahui, disukai, dan diinginkan
pelanggan dari ketiga kafe tersebut. Survei pendahuluan menegaskan bahwa responden tersebut mengenal dua
pesaing lebih baik daripada Kopi NYA O! Fish. Namun, sebagian besar dari mereka mengakui bahwa Kopi NYA
O! Fish memiliki fasilitas yang lebih baik dan penawaran produk yang unik.
Sebuah studi deskriptif dilakukan. Serangkaian observasi terstruktur dan wawancara digunakan
untuk mengumpulkan faktor eksternal dan internal bisnis. Analisis SWOT dikembangkan dengan hati-hati.
Berdasarkan analisis SWOT, penelitian ini menawarkan strategi S-O bagi perusahaan, di mana perusahaan
disarankan untuk memanfaatkan kekuatan internalnya untuk memanfaatkan peluang, dengan strategi berorientasi
pertumbuhan yang agresif.