Usulan perbaikan bagi bubble tea Onezo berdasarkan analisis faktor-faktor yang memengaruhi citra merek dan minat beli

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Lusiana, Lisa
dc.date.accessioned 2023-03-06T02:30:33Z
dc.date.available 2023-03-06T02:30:33Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42568
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14545
dc.description 6047 - FTI en_US
dc.description.abstract Seiring berkembangnya zaman, tren baru terus bermunculan khususnya pada bidang kuliner minuman salah satunya adalah minuman bubble tea. Tingginya minat masyarakat akan minuman ini memunculkan berbagai merek minuman bubble tea dan hal tersebut menimbulkan persaingan yang ketat pada bisnis ini. Salah satu perusahaan warlaba di Kota Bandung yang juga merasakan persaingan tersebut adalah OneZo. OneZo resmi dibuka pada tahun 2019 akhir dan menjadi cukup terkenal saat itu. Namun hanya berjarak beberapa bulan, OneZo mengalami penurunan penjualan yang cukup drastis karena adanya Covid-19. Berdasarkan hasil wawancara dengan store manager OneZo, penurunan penjualan ini juga disebabkan oleh banyaknya merek minuman bubble tea lainnya di Bandung sehingga OneZo dilupakan dan kalah bersaing dengan kompetitornya. Hal ini berarti citra merek yang selama ini dibangun OneZo telah dilupakan dan dapat memengaruhi minat beli seseorang terhadap produk. Namun menurut hasil wawancara, terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi citra merek. Oleh karena itu maka diperlukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi citra merek dan bagaimana pengaruhnya terhadap minat beli. Terdapat 6 buah hipotesis pada penelitian ini. Penentuan model dan indikator pada penelitian ini dilakukan dengan studi literatur dan diperoleh 33 atribut. Pengujian model dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang terbagi menjadi evaluasi model pengukuran dan evaluasi model struktural. Berdasarkan pengujian yang dilakukan harga, kualitas layanan, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli serta harga, kualitas produk, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui citra merek. Setelah mengetahui akar masalah dari masing-masing atribut, diberikan usulan perbaikan. Secara keseluruhan terdapat 7 buah usulan perbaikan yang diberikan untuk seluruh atribut yang dikelompokkan berdasarkan variabelnya yaitu usulan perbaikan variabel harga, usulan perbaikan variabel kualitas layanan, dan usulan perbaikan variabel kualitas produk. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan bagi bubble tea Onezo berdasarkan analisis faktor-faktor yang memengaruhi citra merek dan minat beli en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801174
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account