Perancangan sistem informasi pembelian material pada PT. X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Stefanus, Adrian
dc.date.accessioned 2023-03-06T02:20:08Z
dc.date.available 2023-03-06T02:20:08Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42567
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14544
dc.description 6046 - FTI en_US
dc.description.abstract PT X merupakan salah satu produsen susu cair swasta di Indonesia yang menggunakan teknologi UHT. Saat ini, PT X tengah mengalami permasalahan terkait sistem pembelian material, yaitu keterlambatan pembayaran kepada supplier dan juga terdapatnya resiko yang tinggi untuk keterlambatan kedatangan material. Keterlambatan pembayaran mengakibatkan munculnya penalti yang diberikan oleh supplier, sedangkan resiko keterlambatan kedatangan material mengakibatkan PT X harus menyimpan stock material lebih banyak dari seharusnya. Masalah pertama diakibatkan oleh aliran informasi yang berbelit-belit sedangkan masalah kedua diakibatkan oleh kurangnya pemanfaatan teknologi, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua masalah tersebut ditemukan akibat tidak terdapatnya sistem informasi yang memadai untuk mendukung kegiatan pembelian material PT X. Maka dari itu, dilakukan perancangan sistem informasi menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) berjenis waterfall. Perancangan dilakukan melalui empat tahapan, yaitu, Perencanaan, Analisis, Perancangan, dan Implementasi. Tahap perencanaan akan mengidentifikasi masalah dari sudut padang sistem informasi dan juga dilakukan penentuan batasan sistem yang akan dikembangkan. Identifikasi masalah tersebut dilakukan dengan kerangka berpikir PIECES untuk menemukan temuan masalah sekaligus peluang pengembangan sistem. Setelah itu, temuan masalah tersebut akan dianalisis dan ditinjau lebih dalam hingga ditemukan akar masalah yang mendasari permasalahan tersebut. Lalu, sistem akan dipetakan ke dalam Use Case Diagram untuk menghasilkan kebutuhan fungsional sistem. Kebutuhan sistem tersebut akan diterjemahkan ke dalam pemodelan sistem secara logis dan pada akhirnya dibangun menjadi arsitektur aplikasi atau model fisik yang dibutuhkan untuk mengembangkan purwarupa sistem menggunakan perangkat lunak Microsoft Access. Sistem yang baru menyajikan aliran informasi yang lebih terotomatisasi, terstruktur, dan juga efisien, sehingga keterlambatan pembayaran dan resiko keterlambatan kedatangan material dapat dikurangi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan sistem informasi pembelian material pada PT. X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801165
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account